//

PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENYULUHAN MEDIA POSTER DAN KARTUN ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (STUDI PADA SISWA/I KELAS V SDN 24 KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Summiyati Aqmaliya - Personal Name
SubjectTEETH-DISEASES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Kesehatan gigi dan mulut anak pada umumnya ditandai dengan kondisi kebersihan mulut yang buruk dikarenakan pengetahuan anak tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut masih sangat kurang. Peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan melakukan penyuluhan. Penyuluhan terhadap kesehatan gigi dan mulut memerlukan media yang dapat menarik minat belajar siswa/i. Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui efektifitas dengan media poster dan kartun animasi terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental) dengan pretest and posttest group design dilakukan pada siswa/i kelas V SDN 24 Kota Banda Aceh. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok satu dengan media poster dan kelompok kedua dengan media kartun animasi, masing-masing kelompok dibandingkan antara pretest dan posttest dengan menggunakan kuisioner, kemudian membandingkan perbedaan nilai rata-rata kedua media. Analisis data menggunakan deskriptif analitik yang bersifat univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor pengetahuan yang bermakna pada kedua media (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MEDIA POSTER DAN POWER POINT TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (SISWA/I KELAS V MIN MERDUATI KOTA BANDA ACEH) (Eko Prasetyo, 2014)

PERBANDINGAN EFEKTIFITAS MEDIA POP-UP BOOK DAN MEDIA POSTER TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (SISWA/I KELAS V SDN 20 KOTA BANDA ACEH) (RAHMATUNNISAK, 2018)

PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENYULUHAN METODE CERAMAH DAN DEMONSTRASI TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA KELAS V SDN 7 LABUHANHAJI (Winda Darman, 2014)

PENGETAHUAN IBU TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT SEBELUM DAN SETELAH PENYULUHAN DI POSYANDU PUSKESMAS BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN 2013 (Ria Zahriati, 2016)

PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN SISWA/I PROGRAM AKSELERASI DAN REGULER TENTANG PENYEBAB DAN DAMPAK KEHILANGAN GIGI (STUDI PADA REMAJA USIA 15-17 TAHUN DI SMAN 3 KOTA BANDA ACEH DAN SMAN MODAL BANGSA ACEH BESAR) (RIO RASUL ADMIRAL, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy