//

KETUNTASAN BELAJAR PADA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL LEARNING START WITH A QUESTION DI KELAS VII MTSN TANGSE TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Anita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model Pembelajaran Learning Start With a Question, Hasil Belajar, Bilangan Bulat. Pengunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar menjadi faktor penting untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang mengembangkan cara belajar siswa aktif adalah model pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ). Dalam model pembelajaran ini siswa dituntut untuk lebih aktif dalam bertanya. Dengan menerapkan model pembelajaran ini diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Bilangan bulat merupakan salah satu materi yang dipelajari di MTsN. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi bilangan bulat melalui model Learning Start With a Question (LSQ) di kelas VII MTsN Tangse?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat melalui model Learning Start With a Question. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan pre-eksperimen design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Tangse, sedangkan sampel diambil satu kelas secara acak dan terpilih yaitu kelas VIIc dari 4 kelas yang ada dengan menerapkan model pembelajaran Learning Start With a Question. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak (uji pihak kanan) dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 29, dengan menguji normalitas data, kemudian hasil perhitungan didapat 2hitung < 2tabel, (7.68 < 7.81) data berdistribusi normal sehingga uji-t bisa dilakukan. Hasil yang diperoleh adalah t_hitung>t_tabel, (2.31 > 1.70) berarti terima H1 dan tolak H0, dapat disimpulkan bahwa melalui hasil pembelajaran pada materi bilangan bulat melalui model Learning Start With a Question di kelas VIIc MTsN Tangse mencapai ketuntasan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Ita Srimulyani, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM (RIZKI KUSUMA DEWI, 2020)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN KUIS YANG DISERTAI PRESENTASI PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Kurpramita, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Dahliana, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KONKRET PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT RNDI KELAS V SDN BUKIT BARO ACEH BESARRNMONTASIK ACEH BESAR (Siti Rahayu, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy