//

DETEKSI PEMALSUAN CITRA DENGAN TEKNIK COPY-MOVE MENGGUNAKAN METODE ORDINAL MEASURE KOEFISIEN DISCRETE COSINE TRANSFORM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulfan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kemajuan teknologi pengolahan citra digital saat ini telah memberi dampak positif dan negatif bagi suatu citra. Salah satu dampak negatif adalah munculnya citra-citra digital palsu yang dihasilkan oleh teknik pengolahan citra. Salah satu teknik tersebut adalah copy-move. Teknik ini dipakai untuk menciptakan citra palsu dengan cara menduplikasi suatu objek dalam citra asli dan menempelkannya pada bagian tertentu dalam citra yang sama dengan tujuan untuk menggandakan objek tersebut dalam citra. Penelitian ini dilakukan untuk mendeteksi citra palsu yang dihasilkan oleh teknik copy-move dan citra palsu copy-move yang telah dimodifikasi dengan operasi rotasi dan ekualisasi histogram. Fitur yang digunakan untuk pendeteksian adalah ordinal measure dari koefisien Discrete Cosine Transform (OM-DCT). Pendeteksian dimulai dengan membagi citra ke dalam blok berukuran BXB (B=64, 32 dan 16). DCT dua dimensi diterapkan pada setiap blok citra tersebut. Jarak fitur antara citra palsu dan asli dihitung dengan persamaan jarak Euclidean. Setiap blok yang memiliki nilai jarak lebih kecil dari threshold (T) akan ditandai sebagai bagian yang di-copy-move. Hasil pendeteksian menunjukkan bahwa ditemukan adanya blok-blok pada citra palsu yang terdeteksi pada objek copy-move dengan jumlah yang bervariasi. Hal ini menunjukkan bahwa fitur ordinal measure dari koefisien Discrete Cosine Transform mampu mendeteksi pemalsuan citra yang dihasilkan oleh teknik copy-move. Kata kunci : copy-move, ordinal measure dari DCT, rotasi, ekualisasi histogram.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS IDENTIFIKASI IRIS MATA MENGGUNAKAN ORDINAL MEASURE DARI DCT (DISCRETE COSINE TRANSFORM) PADA BASIS DATA UBIRIS (zakiul hamdi, 2013)

KINERJA METODE PENGENALAN IRIS MATA BERBASIS ORDINAL MEASURE DARI KOEFISIEN DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT) MENGGUNAKAN CITRA IRIS BEBAS NOISE (Marlisa Agustina, 2014)

PENGGUNAAN MOMENT INVARIANT UNTUK PENCOCOKAN CITRA TERACAK BERBASIS DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT) (Fajrul rizal, 2015)

ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS WATERMARKING CITRA WARNA MENGGUNAKAN METODE DISCRETE FOURIER TRANSFORM (DFT) DAN DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT) (Nova Sri Wahyuni, 2016)

PERBANDINGAN BEBERAPA METODE PENGACAKAN CITRA BERBASIS KOEFISIEN DISCRETE COSINE TRANSFORM UNTUK PROTEKSI VISUAL (Mutia Hanum, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy