//

GAMBARAN MENGGOSOK GIGI DAN KONSUMSI MAKANAN KARIOGENIK PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS II DAN III DI SD NEGERI 54 YAYASAN TAHIJA BANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RUHUL AFLAH - Personal Name
SubjectTOOTHBRUSHING
CARIES - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI xiii + VI Bab + 55 Halaman + 8 Tabel + 1 Skema + 1 Gambar + 19 Lampiran RUHUL AFLAH 1107101190012 GAMBARAN MENGGOSOK GIGI DAN KONSUMSI MAKANAN KARIOGENIK PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS II DAN III DI SD NEGERI 54 YAYASAN TAHIJA BANDA ACEH TAHUN 2013 ABSTRAK Karies gigi merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang sering timbul pada anak usia sekolah dikarenakan kurangya pemahaman dan perilaku anak dalam menjaga kesehatan gigi seperti melakukan sikat gigi dan sering mengkonsumsi yang bersifat kariogenik yang dapat menimbulkan resiko pada kerusakan gigi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran menggosok gigi dan konsumsi makanan kariogenik pada anak usia sekolah kelas II dan III di SD Negeri 54 Yayasan Tahija Banda Aceh. Desain penelitian bersifat deskriptif eksploratif dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu 144 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan melakukan wawancara terpimpin dan lembar chekslist untuk observasi demosntrasi sikat gigi. Metode analisis data menggunakan analisa univariat. Dari hasil analisis univariat diketahui mayoritas responden berada pada kategori kurang yaitu masing-masing 52,1% responden untuk variabel menggosok gigi, 60,4% untuk sub variabel cara menyikat gigi, 63,9% untuk sub variabel pemilihan sikat gigi, dan 62,5% untuk sub variabel frekuensi menggosok gigi. Untuk variabel makan makanan kariogenik sebanyak 53,5% responden berada pada kategori tinggi. Diharapkan kepada pihak sekolah dan juga orang tua untuk dapat memberikan perhatian dan mengajarkan anak bagaimana menggosok gigi secara benar dan membatasi konsumsi makanan yang bersifat kariogenik agar dapat mempertahankan kesehatan gigi pada anak tetap optimal, dengan cara bekerjasama dengan pihak terkait seperti pihak kesehatan. Kata Kunci : Menggosok gigi, konsumsi, makanan, kariogenik Daftar bacaan : 32 buku, 11 jurnal online (1992-2013)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN POLA MAKAN KARIOGENIK DAN NON KARIOGENIK TERHADAP NURSING BOTTLE CARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (STUDI KASUS DI TK KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH) (AMALIA HIDAYANA, 2020)

INDEKS DMF-T PADA ANAK USIA 12 TAHUN DI SD 54 TAHIJA BANDA ACEH (Hasanuddin, 2015)

FREKUENSI EARLY CHILDHOOD CARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DAN FAKTOR RISIKO TERKAIT (STUDI PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN MEURAXA TAHUN 2018) (Hasnatul Hidayah, 2019)

PENGARUHPERILAKU ORANG TUA PADA KEBIASAAN ANAKMENGGOSOK GIGI SEBELUM TIDUR MALAM TERHADAPSTATUS KARIESUSIA 11-12 TAHUN DI SDN 24BANDA ACEH (Putri Silpany, 2015)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU JAJAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 54 YAYASAN TAHIJA BANDA ACEH TAHUN 2013 (fera ariantika, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy