//

PEMILIHAN KONTRAKTOR UNTUK JASA KONSTRUKSI MELALUI PENUNJUKAN LANGSUNG PADA DINAS PENGAIRAN ACEH MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Faisal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dinas Pengairan Aceh setiap tahun melakukan pelelangan untuk proyek dengan metode penunjukan langsung. Proyek ini dilakukan karena keadaan darurat bencana alam, seperti banjir, gempa dan tanah longsor yang kerap terjadi di Provinsi Aceh dengan konstruksi berupa rehabilitasi konstruksi bendung, waduk, revetment sungai atau pantai dan jetty dengan alokasi dana hingga milyaran rupiah. Proses pemilihan kontraktor telah dilakukan sesuai peraturan yang ada namun belum ada suatu metode khusus untuk menetapkan kontraktor pemenang. Penelitian ini bertujuan menentukan kriteria ataupun faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih kontraktor serta menentukan pemenang dengan menggunakan metode Analytical Hierachy Process (AHP). Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode AHP yang terdiri atas 3 (tiga) tahap, yaitu tahap pertama memuat tujuan penelitian, kedua memuat kriteria pemilihan kontraktor yang terdiri dari 6 (enam) kriteria (administrasi, teknis, biaya, prakualifikasi, keselamatan kerja dan kedekatan). Tahap ketiga menentukan kontraktor pemenang dari 5 kontraktor. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan 41 kuisioner kepada pegawai yang berpengalaman dan pengisiannya didampingi. Analisa data dilakukan dengan bantuan Microsoft Excel 2010. Input data pada lembaran kerja terhadap kriteria kontraktor terpilih berdasarkan hasil kuesioner bagian I dan alternatif kontraktor terpilih dilakukan berdasarkan hasil kuesioner bagian II yang telah diisi oleh responden. Selanjutnya dibuatkan matriks perbandingan berpasangan untuk kriteria dan alternatif setiap responden. Data kuisioner yang dipakai adalah kuesioner yang nilai konsistensi rasionya (CR) kurang dari 10%. Berikutnya adalah membuat tabel geometri rata-rata dan menghitung perkalian matriks sehingga diperoleh matriks prioritas global. Berdasarkan hasil perhitungan prioritas global didapatkan bahwa kriteria prioritas pemilihan kontraktor adalah biaya, kedekatan dan teknis. Kontraktor pemenang pertama penunjukan langsung adalah kontraktor A dan pemenang kedua adalah kontrakor E.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KOMPETENSI PROJECT MANAGER TERHADAP KEBERHASILAN PROYEK KONSTRUKSI SUNGAI PADA DINAS PENGAIRAN ACEH (Safrial, 2016)

MEKANISME PERHITUNGAN UNTUK PEMUNGUTAN PPN DAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 4 AYAT 2 ATAS PEKERJAAN JASA KONSTRUKSI PADA DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH (ALWI YANDI, 2018)

STUDI KOMPARASI PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI BENCANA ALAM DAN NON BENCANA ALAM PADA DINAS PENGAIRAN ACEH (Gustin Yulian Nova, 2017)

STUDI KOMPARASI PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI BENCANA ALAM DAN NON BENCANA ALAM PADA DINAS PENGAIRAN ACEH (Gustin Yulian Nova, 2017)

PENILAIAN KINERJA KONTRAKTOR DARI ASPEK KEPUASAN DALAM LINGKUP KEGIATAN DINAS PENGAIRAN ACEH PADA BIDANG IRIGASI, RAWA DAN PANTAI (Muhammad Zaki, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy