//

ANALISIS PENGARUH FAKTOR SOSI AL EKONOMI TERHADAP TINGKAT EFISIENSI BUDIDAYA PERIKANAN KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JUMULA RAKHMAT - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat efisiensi yang dijalankan oleh petani ikan yang tergolong pada petani skala kecil dan mengetahui faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi efisiensi biaya dalam asumsi VRS. Efisiensi yang diukur dalam penelitian ini adalah efisiensi teknikal, alokatif dan biaya pada asumsi CRS dan VRS. Dalam pengambilan sampel diterapkan stratified random sampling dengan jumlah sampel 100 orang petani pada 5 wilayah Kecamatan yaitu Tanjung Raya, Lubuk Basung, Tanjung Mutiara, Palembayan and Kamang Magek. Dalam penentuan indeks efisiensi digunakan Data Envelopment Analysis dan penentuan faktor sosial ekonomi yang berpengaruh terhadap efisiensi biaya (asumsi VRS) digunakan Regresi Tobit. Dari hasil penelitian, tingkat efisiensi di wilayah ini tergolong rendah dengan rentang nilai efisiensi acuan terbaik >0.9 - ≤1 pada asumsi CRS untuk masing-masing jenis efisiensi memiliki nilai frekuensi 37 %, 22% and 3% dan pada asumsi VRS 52%,66% dan 39%. Dengan menjadikan nilai efisiensi biaya asumsi VRS sebagai dependen variabel dalam regresi tobit, tingkat pendidikan formal memiliki pengaruh signifikan (alfa= 1%) serta faktor tingkat umur, pengalaman usaha dan status pengelolaan memiliki pengaruh signifikan pada alfa =5%. Keiukutsertaan petani dalam sebuah kelompok tani dan pelatihan khusus budidaya perikanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efisiensi biaya yang dijalankan oleh petani. Hal tersebut menjadi perhatian penting dalam penentuan kebijakan pemerintah karena selama ini target pembangunan perikanan disalurkan melalui petani yang berada dalam kelompok sehingga diperlukan evaluasi terhadap program-program yang telah dijalankan sebelumnya dengan sasaran penyebaran keterampilan dalam peningkatan efisiensi biaya yang dijalankan oleh petani menjadi tersebar antara petani melalui pembentukan pusat pelatihan bagi petani.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSTRIBUSI SEKTOR PERIKANAN TERHADAP PDRB DI ACEH (Yeni Rima Agustiani, 2016)

ANALISIS PENGARUH FAKTOR SOSI AL EKONOMI TERHADAP TINGKAT EFISIENSI BUDIDAYA PERIKANAN KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT (JUMULA RAKHMAT, 2016)

ANALISIS PERBEDAAN KETIMPANGAN PENDAPATAN PROVINSI ACEH DAN PROVINSI SUMATERA UTARA (Suriansyah, 2021)

ANALISIS MODEL BIOEKONOMI INTERAKSI LINGKUNGAN TERHADAP SUMBERDAYA PERIKANAN PELAGIS BERKELANJUTAN DI PANTAI BARAT SUMATERA PROVINSI ACEH (Anwar Deli, 2017)

PENGUKURAN RISIKO FINANSIAL BUDIDAYA UDANG VANAME STUDI KASUS BUDIDAYA UDANG INTENSIF DI DESA LAM PAGEU KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (NABILA AFI AMIRA NASUTION, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy