//

IDENTIFIKASI ISOLAT BAKTERI PENGHASIL ENZIM SELULASE PADA RETIKULUM SAPI ACEH BERDASARKAN ANALISIS HOMOLOGI GEN 16S RRNA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Mahyuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bakteri selulolitik yang memiliki kemampuan mendegradasikan selulosa dengan menghasilkan enzim selulase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis bakteri penghasil enzim selulase pada retikulum sapi aceh, secara PCR-Sekuensing. Sampel cairan reticulumsapi aceh diambil dari RPH lalu dilakukan isolasi untuk mendapatkan bakteri selulolitik pada media selektif, yaitu BHM-CMC agar selanjutnya dilakukan isolasi DNA total untuk mendapatkan DNA murni dari bakteri yang dihasilkan. Kemudian dilakukan amplifikasi gen 16S rRNA dan penentuan urutan DNA. Homologi urutan DNA sampel dengan urutan DNA yang sudah dideposit di Gen Bank dapat diketahui melalui penjajaran urutan DNA sampel dengan data nukleotida di NCBI. Penjajaran dilakukan dengan menggunakan program BLASTN, selanjutnya menggunakan program Custal W MEGA 5. Dapat disimpulkan bahwa spesies bakteri isolat bakteri penghasil enzim selulase memiliki kedekatan dengan bakteri Enterobacter sp. TSASS2 sebesar 87% yang kemungkinan merupakan spesies baru atau spesies ini belum dideposit di GenBank.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI BAKTERI PROTEOLITIK PADA RUMEN SAPI ACEH BERDASARKAN ANALISIS GEN 16S RRNA (GRESSHA VIONALLE A, 2017)

IDENTIFIKASI ISOLAT BAKTERI PENGHASIL ENZIM SELULASE PADA RUMEN SAPI ACEH BERDASARKAN ANALISIS HOMOLOGI GEN 16S RRNA (Indah Melzana, 2016)

IDENTIFIKASI BAKTERI PROTEOLITIK PADA RETIKULUM SAPI ACEH BERDASARKAN GEN 16S RRNA (Ulfi Widi Arsih, 2017)

IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) BERSIFAT SELULOLITIK ASAL USUS AYAM PETELUR YANG DIBERI AKBISPROB BERDASARKAN ANALISIS GEN 16S RRNA (BAHARUDDIN HALIM SIREGAR, 2019)

IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PENGHASIL ANTIBAKTERI ASAL USUS AYAM PETELUR YANG TELAH DIBERI AKBISPROB BERDASARKAN ANALISIS GEN 16S RRNA (Cut Husnul Azila, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy