//

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS DARI LUKA INFEKSI KUCING LOKAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Ala - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengisolasi dan mengidentifikasi Staphylococcus aureus dari luka infeksi kucing lokal. Penelitian dilakukan di laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh pada bulan Februari-Maret 2016. Sampel yang digunakan berasal dari 10 ekor kucing yang mengalami luka infeksi, sampel diambil menggunakan swab steril, kemudian ditanam pada media Nutrient Broth (NB) diinkubasi biakan bakteri selama 24 jam kemudian pindahkan pada media Mannitol Salt Agar (MSA) yang diinkubasi selama 24 jam, selanjutnya identifikasi bakteri dengan pewarnaan Gram, uji katalase, uji gula–gula (manitol dan glukosa), dan uji Metil Red-Voges Proskauer (MR-VP). Hasil penelitian pada pewarnaan Gram menunjukkan 8 sampel positif dengan karakteristik bakteri berbentuk kokus bewarna ungu. Pada uji katalase 8 sampel menunjukkan hasil positif, pada uji gula–gula (manitol dan glukosa) menunjukkan 5 sampel positif, uji Metil Red-Voges Proskauer (MR-VP) menunjukkan dari 5 sampel, semua positif pada MR dan negatif pada VP. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian diketahui Staphylococcus aureus dapat diisolasi dan diindetifikasi dari luka infeksi kucing lokal, dari 10 sampel penelitian dinyatakan 50% adalah Staphylococcus aureus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI GRAM POSITIF KOKUS PADA KASUS EAR MITES KUCING DOMESTIK (FELIS DOMESTICUS) DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD AROZA, 2017)

POLA DAN SENSITIVITAS BAKTERI PENYEBAB INFEKSI LUKA OPERASI (ILO) DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muhammad Sidiq, 2015)

IDENTIFIKASI BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA LUKA KAKI BERUANG MADU (HELARCTOS MALAYANUS) (Desi Ayuni, 2017)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI DI LINGKUNGAN LABORATORIUM MIKROBIOLOGI KLINIK RSUDZA BANDA ACEH (Amiril Arifin, 2016)

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTISEPTIK ASEPTAN® DENGAN ALKOHOL TERHADAP METHICILLIN RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (MRSA) (zatul fina, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy