//

WILLINGNES TO PAY MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH TERHADAP AIR BERSIH MINUM OLEH PDAM TIRTA DAROY

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Talita Rahmata - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Willingnes To Pay Masyarakat Kota Banda Aceh Terhadap Air Bersih Siap Minum oleh PDAM Tirta Daroy Nama : Talita Rahmata NIM : 1201101010017 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : T. Zulham, SE. M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesediaan masyarakat dalam membayar (WTP) terhadap air bersih siap minum. Penelitian ini dilakukan di Kota Banda Aceh dengan mengambil 100 sampel yang sengaja ditetapkan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari variabel kualitas, kuantitas, pendapatan, dan jumlah anggota keluarga berpengaruh signifikan terhadap WTP air bersih siap minum, dimana pada variabel JAK/Jumlah Anggota Keluarga berpengaruh secara tidak langsung dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil analisis nilai Fhitung diperoleh sebesar 2789,542 atau lebih besar daripada nilai Ftabel sebesar 2,46 (pada level of significance 5%), dan dengan taraf sig.=0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa variabel Independen secara simultan (bersama-sama) mempengaruhi variabel dependen (WTP air bersih siap minum). Koefisien Adj. R-square sebesar 0,9926, artinya 99,26 persen WTP air bersih siap minum dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel-variabel Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga, Kuantitas, dan Kualitas. Sedangkan sisanya sebesar 0,74 persen dijelaskan oleh faktor lain di luar model. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, banyak masyarakat yang kurang puas terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh PDAM Tirta Daroy, peneliti merekomendasikan agar pemerintah dapat menyediakan fasilitas penunjang untuk mendapatkan air bersih siap minum kepada masyarakat Kota Banda Aceh melalui kebijakan-kebijakan yang efektif untuk penanganan masalah air bersih melalui pengelolaan air bersih secara baik. Kata Kunci : Willingnes To Pay, Kualitas, Kuantitas, Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR AKUNTANSI PENJUALAN AIR BERSIH PADA PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH (DARMAWAN TRIPOLI, 2018)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DAROY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ZONA 3 DAN 4 KOTA BANDA ACEH (Ridwan, 2017)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DAROY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ZONA 3 DAN 4 KOTA BANDA ACEH (Ridwan, 2017)

WILLINGNES TO PAY MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH TERHADAP AIR BERSIH MINUM OLEH PDAM TIRTA DAROY (Talita Rahmata, 2016)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PEMILIHAN POMPA GUNA PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH TAHUN 2029 (Arisyi Tawaqal, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy