PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MIND MAP | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MIND MAP


Pengarang

Purwanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200160041

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Purwanti (2011). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian
Belajar Siswa melalui Pendekatan Problem Posing Berbantuan Mind Map.
Selama proses pembelajaran di SMP kemampuan komunikasi matematis
siswa kurang mendapat perhatian dan motivasi, sehingga siswa sering kesulitan
dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang disajikan dalammasalah
sehari-hari. Sedangkan pada kurikulum 2013 proses pembelajaran pada satuan
pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang,
memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup
bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian belajar sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologi siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan
pembelajaran yang relevan untuk mengoptimalkan, meningkatkan, dan
menumbuhkembangkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar
siswa. Pendekatan dalam pembelajaran tersebut adalah pendekatan problem posing
berbantuan mind map. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan
kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh
pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing berbantuan mind map dan
pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing tanpa mind map. Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Islamic Solidarity School Jantho Aceh Besar. Sampel
terdiri atas dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan
tehnik random sampling. Sedangankan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
komunikasi dan kemandirian belajar siswa antara kelompok pendekatan problem
posing berbantuan mind map dengan kelompok problem posing tanpa mind map
digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh
pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing berbantuan mind map lebih
baik daripada siswa yang memperoleh pebelajaran menggunakan pendekatan
problem posing tanpa mind map; 2) peningkatan kemandirian belajar siswa tentang
matematika yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan problem
posing berbantuan mind map lebih baik daripada siswa yang memperoleh
pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing tanpa mind map.
Pendekatan problem posing berbantuan mind map dalam pembelajaran dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa
daripada pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem posing tanpa mind
map. Pendekatan problem posing berbantuan mind map dapat dijadikan sebagai
alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis dan kemandirian belajar siswa.
Kata kunci: Pendekatan Problem Posing, Mind Map, Komunikasi Matematis,
Kemandirian Belajar Siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK