//

DAMPAK KARAKTERISTIK MALOKLUSI GIGI ANTERIOR BERDASARKAN TINGKAT KEPARAHANNYA TERHADAP STATUS PSIKOSOSIAL (STUDI PADA USIA PUNCAK PERTUMBUHAN DI SMP NEGERI BANDA ACEH MENGGUNAKAN INDEKS PIDAQ)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Armi Amanda Daulay - Personal Name
SubjectDENTITION DISORDERS - INCIDENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Armi Amanda Daulay Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul Skripsi : Dampak Karakteristik Maloklusi Gigi Anterior Berdasarkan Tingkat Keparahannya Terhadap Status Psikososial (Studi Pada Usia Puncak Pertumbuhan Di SMP Negeri Banda Aceh Menggunakan Indeks PIDAQ) Usia puncak pertumbuhan anak merupakan masa peralihan antara masa anak-anak hingga menuju masa dewasa yang meliputi perubahan biologis, kognitif dan sosial emosional. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon di dalam tubuh remaja. Maloklusi adalah suatu anomali yang menyebabkan gangguan fungsi oral dan estetika serta memerlukan perawatan jika sudah mengganggu fisik dan emosional. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa remaja pada usia puncak pertumbuhan yang mengalami maloklusi gigi anterior akan berdampak negatif terhadap status psikososial remaja. Akan tetapi penelitian ini masih jarang ditemukan di Indonesia, khususnya di Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak karakteristik maloklusi gigi anterior terhadap status psikososial (studi kasus pada usia puncak pertumbuhan di SMP Negeri Banda Aceh dengan menggunakan indeks PIDAQ). Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dan penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Kota Banda Aceh dengan total subjek 279 siswa. Kepada subjek diberikan kuisioner PIDAQ untuk mengetahui dampak karakteristik maloklusi gigi anterior terhadap status psikososial. Hasil uji Wilks’ Lamda menunjukkan dampak signifikan karakteristik maloklusi gigi anterior terhadap status psikososial pada usia puncak pertumbuhan, diperoleh nilai p=0,003 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK MALOKLUSI GIGI ANTERIOR PROTRUSIF TERHADAP STATUS PSIKOSOSIAL REMAJA USIA RN15-17 TAHUN MENGGUNAKAN INDEKS PIDAQRN(STUDI PADA 4 SMA BANDA ACEH) (Rizky Kurniawan Siregar, 2015)

DAMPAK KARAKTERISTIK MALOKLUSI GIGI ANTERIOR TERHADAP STATUS PSIKOSOSIAL REMAJA DENGAN MENGGUNAKAN INDEKS PIDAQ(STUDI PADA ENAM SMA NEGERI BANDA ACEH) (MULIA RAHMI, 2014)

DERAJAT KEPARAHAN MALOKLUSI PADA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA LABUI BANDA ACEH (Indana Zulfa Nabila, 2014)

GAMBARAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT RNMURID SMP NEGERI 3 USIA 12-14 TAHUNRN KECAMATAN BAITURRAHMANRNBANDA ACEH (Nurul Hasanah, 2014)

HUBUNGAN KEHILANGAN GIGI TERHADAP STATUS GIZI USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Fenisulya Dewi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy