//

EVALUASI KEKUATAN TARIK FIBER AMPAS TEBU AKIBAT PENGERINGAN DENGAN PANAS MATAHARI DAN SUHU RUANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tjut Aqsha Annatasya - Personal Name
SubjectBAGASSE
COMPOSITE WOODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Tjut Aqsha Annatasya Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul : Evaluasi Kekuatan Tarik Fiber Ampas Tebu Akibat Proses Pengeringan dengan Panas Matahari dan Suhu Ruang. Penggunaan fiber ampas tebu sebagai fiber penguat alami telah banyak dilakukan. Fiber ampas tebu jika dibandingkan dengan fiber UHMWPE memiliki kelebihan antara lain murah serta mudah didapatkan. Sebelum dapat digunakan fibernya, ampas tebu harus melalui beberapa tahap pengolahan serta pengeringan terlebih dahulu. Pengeringan bertujuan untuk mengurangi kadar air, meningkatkan kerapatan, menjaga kestabilan dimensi dan menghindari serangan jamur. Proses pengeringan dapat mempengaruhi sifat fisik dan mekanik fiber alami. Penelitian ini menggunakan 20 buah sampel yang dibagi menjadi 2 kelompok. Sampel pada setiap kelompok perlakuan berjumlah 10 buah sampel yang merupakan fiber ampas tebu yang dikeringkan didalam suhu ruang dan fiber ampas tebu yang dikeringkan dengan panas matahari. Bentuk sampel sesuai dengan ASTM D638 dengan panjang 63,5 mm dan lebar 9,53 mm. Hasil penelitian menunjukkan rerata simpangan baku + kekuatan tarik fiber yang dikeringkan dengan suhu ruang dan fiber ampas tebu yang dikeringkan dengan panas matahari yaitu sebesar 22,767 + 6,619 dan 32,026 + 10,47. Hasil uji t tidak berpasangan menunjukkan terdapat perbedaan kekuatan tarik yang bermakna antara fiber yang dikeringkan dengan suhu ruang dan fiber yang dikeringkan dengan panas matahari (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH FRAKSI VOLUME FIBER AMPAS TEBU SEBAGAI FIBER REINFORCED COMPOSITE TERHADAP KEKUATAN FLEKSURAL (Ayu Syuhada, 2016)

PENGARUH PENGERINGAN AMPAS TEBU SEBAGAI FIBER REINFORCED COMPOSITE TERHADAP FLEXURAL STRENGTH RESIN KOMPOSIT (Win Bramahaga, 2014)

PERBEDAAN KEKUATAN FLEKSURAL RESIN KOMPOSIT DENGAN FIBER POLIETILEN DAN FIBER AMPAS TEBU (Ovia Damaiyanti, 2014)

PERBEDAAN TOPOGRAFI FIBER REINFORCED COMPOSITE RESIN POLYETHYLENE DAN FIBER ALAMI AMPAS TEBU (Farhani, 2014)

STUDI FLEXURAL STRENGTH RESIN KOMPOSIT FIBER NON-SINTETIK AMPAS TEBU DENGAN DIAMETER YANG BERBEDA (Melvita Dewi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy