//

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DESA PASAR LAMA, KECAMATAN LABUHAN HAJI, KABUPATEN ACEH SELATAN (2004-2014)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuwi Sillya - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kehidupan, Sosial Ekonomi, Nelayan Skripsi ini meneliti tentang “Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Desa Pasar Lama, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan (2004-2014)”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kehidupan nelayan yang tidak sejahtera meskipun nelayan bermukim di lingkungan dekat laut. Ini akibat dari kurang mengoptimalkan potensi laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan sosial ekonomi nelayan Desa Pasar Lama, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan dan kendala yang dihadapi nelayan ketika melaut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (penelitian yang berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan kontek melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri sebagai instrumen kunci. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode sejarah kritis (historis) yaitu dengan cara yang diawali tema atau topik merupakan awal mula penelitian. Data dikumpulkan melalui penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi serta studi kepustakaan (library research). Dalam menyusun skripsi ini penulis juga mendapatkan bantuan dari masyarakat untuk mendapatkan informasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kehidupan sosial ekonomi masyarakat nelayan Desa Pasar Lama, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan (2004-2014) masih dalam taraf rendah ini terbukti dari hasil pendapatan mereka yang tidak menentu. Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya solar membuat keadaan ekonomi nelayan semakin menurun. Nelayan mengalami kerugian atas kenaikan BBM karena harga ikan tidak ikut naik namun tetap sama. Transportasi nelayan pergi melaut masih sederhana yaitu menggunakan perahu motor dan kapal motor. Alat yang digunakan pun hanya jaring dan pancing. Rendahnya teknologi tangkap ikan membuat nelayan sulit memperoleh hasil tangkapan yang memuaskan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RAGAM TUTUR BAHASA JAMEE GAMPONG PASAR LAMA KECAMATAN LABUHAN HAJI TENGAH (Evi Sri Mairita, 2021)

PERAN PELABUHAN PASAR LAMA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (STUDI PADA PEDAGANG DI SEKITAR PELABUHAN PASAR LAMA KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN) (yuliana, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG ORANG TUA MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PESANTREN DARUSSALAM KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN (SUATU PENELITIAN DI DESA PANTE PIRAK KECAMATAN MANGGENG) (Qasnur Risa, 2016)

PERKEMBANGAN ORGANISASI MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN, 1937-2014 (Eltaqwim Sastrawati, 2015)

USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SISWA BERSEKOLAH DI SMP NEGERI I LABUHAN HAJI BARAT (Maslinar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy