//

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PISA PADA KONTEN SPACE AND SHAPE KELAS IX SMP NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSRINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika terkait ruang dan bentuk. PISA adalah singkatan dari Programme for International Student Assessment yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan matematika yang telah mereka pelajari di sekolah ke dalam kehidupan nyata. Salah satu konten dalam PISA adalah konten Space and Shape (Ruang dan Bentuk), konten ini erat kaitannya dengan bentuk-bentuk geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA pada konten Space and Shapedi kelas IX SMP Negeri 1 Banda Aceh. Subjek penelitian terdiri atas lima orang siswa kelas IX-6. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Data dianalisa dengan memeriksa lembar jawaban siswa, kemudian diberi skor berdasarkan rubrik penilaian kemampuan komunikasi matematis. Selanjutnya untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa lebih dalam, peneliti melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa banyak melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal. Adapun kesalahan yang banyak dilakukan siswa adalah tidak memahami maksud soal karena kurangnya kemampuan komunikasi matematis, kurang teliti dalam mengerjakan soal, dan tidak merencanakan penyelesaian secara sistematis. Siswa tidak memahami maksud soal mengakibatkan siswa salah dalam menggunakan strategi untuk menyelesaikan masalah. Kurang teliti dalam mengerjakan soal juga mengakibatkan perhitungan yang dikerjakan tidak tepat. Siswa tidak mampu merencanakan penyelesaian secara sistematis karena rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep ruang dan bentuk. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA adalah karena siswa tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal-soal yang setara dengan soal yang diujikan pada PISA. Dari hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa belum mampu menjawab soal-soal PISA pada konten Space and Shapedengan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM RNMENYELESAIKAN SOAL-SOAL PISA DI KELAS VIII SMP NEGERI RNBANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Nana Mulya, 2015)

PENGEMBANGAN SOAL SETARA PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (T. MARWANDA, 2017)

STRATEGI SISWA MENYELESAIKAN SOAL PISA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (KHALUKA AHSANA FITRI, 2017)

PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SETARA PISA MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH ADAT ACEH UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (ULIYATUL USNUL, 2019)

PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SETARA PISA DENGAN KONTEKS ACEH (Aulia Maqshum, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy