//

PENINGKATAN PENALARAN MATEMATIK SISWA MELALUI PENERAPAN METODE KUMON PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lisa Safriyanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Penalaran Matematika, Metode Kumon, Relasi dan Fungsi Salah satu arah atau orientasi pada pembelajaran matematika adalah kemampuan penalaran matematik. Penalaran merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting. Namun kenyataannya tingkat penalaran matematik siswa masih tergolong rendah. Upaya guru membantu meningkatkan penalaran matematika dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran kumon. Metode kumon adalah metode yang mengaitkan antara konsep, keterampilan, dan kerja individual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran kumon. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kela X SMA Laboratorium unsyiah, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Laboratorium unsyiah yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan penalaran siswa yang berbentuk pre-test dan post-test. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji wilcoxon match pairs test pada taraf signifikan α=0,05. Hasil analisis didapat z_hitung= 4,824 dan z_tabel=1,645, sehingga z_hitung>z_tabel, ini berarti H_0 ditolak pada taraf nyata α=0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode kumon dapat meningkatkan penalaran matematik siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas X SMA Laboratorium Unsyiah dengan peningkatan pada efektivitas peningkatan sedang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TAKENGON ACEH TENGAH (Iqbal Putra, 2015)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI RELASI DAN FUNGSI BAGI SISWA KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH (DECY PRAMITA SARI YUSNA, 2015)

KONTRIBUSI MATERI RELASI DAN FUNGSI TERHADAP FUNGSI KUADRAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Agustina Muliyana, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS X MAN 3 BANDA ACEH (AGUSTINA SARI, 2015)

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS X SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH (hasnidar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy