//

PERBANDINGAN SENSITIVITAS FOSFOMICIN DENGAN CEFALOSPORIN GENERASI III TERHADAP BAKTERI GRAM NEGATIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Bima Fasha. TS - Personal Name

Abstrak/Catatan

Terapi antibiotik yang tidak rasional dapat menyebabkan resistensi bakteri salah satunya bakteri Gram negatif. Bakteri Gram negatif mempunyai tingkat resistensi yang tinggi terhadap antibiotik β-laktam. Fosfomicin adalah antibiotik klasik yang memiliki efektivitas terhadap bakteri patogen dan memiliki tingkat resistensi yang relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat sensitivitas antibiotik terhadap bakteri Gram negatif di RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain cross sectional study. Sampel penelitian ini adalah spesimen yang memberi hasil kultur bakteri Gram negatif yang telah diuji sensitivitas antibiotik fosfomicin dan cefalosporin generasi III. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Klinik Instalasi Patologi RSUDZA Banda Aceh. Hasil kultur Gram negatif diperoleh 117 spesimen, dan didapatkan Klebsella sp (29,9%), Pseudomonas sp (26,5%), Escherichia coli (22,2%), Klebsiella pneumonia (11,1%), Proteus sp (6,0%) dan Acinotobacter Sp (4,3%). Hasil uji sensitivitas antibiotik diperoleh tingkat sensitif fosfomicin (60,7%), cefalosporin generasi III (ceftriaxon 30,8%). Hasil di atas menunjukkan bahwa antibiotik fosfomicin lebih efektif dibanding cefalosporin generasi III dalam menghambat pertumbuhan bakteri Gram negatif. Kata kunci: Bakteri Gram negatif, resisten, fosfomicin, cefalosporin generasi III

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS BAKTERI PENYEBAB SEPSIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Yuli Dwiharyani, 2015)

POLA DAN SENSITIVITAS BAKTERI TERHADAP ANTIBIOTIK DARI USAP VAGINA PADA KASUS KETUBAN PECAH DINI DI RSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2019 (dr. Fahriatni, 2020)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI GRAM NEGATIF PADA AMBING KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) (SEPTIAN TRI MULYANA GINTING, 2018)

POLA KUMAN DAN SENSITIVITAS ANTIBIOTIK PADA KAKI DIABETIK DI BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Betty Debora Klara, 2014)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IDEBINA PASLIKO, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy