//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INDRA JUNITA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pada awalnya model CIRC diterapkan dalam pembelajaran bahasa, namun sekarang pada pembelajaran matematika juga menggunakan model CIRC terutama dalam menyelesaikan soal-soal cerita. Model pembelajaran ini juga memiliki kelemahan yaitu hanya dapat dipakai untuk mata pelajaran yang menggunakan bahasa, sehingga model ini tidak dapat dipakai untuk mata pelajaran seperti: matematika dan mata pelajaran lain yang menggunakan prinsip menghitung. Namun, terdapat beberapa materi matematika yang sesuai diterapkan dengan metode CIRC. Misalnya : Pemfaktoran bentuk aljabar, menyelesaikan bilangan (bulat, pecahan, dll), sistem persamaan linear, segi empat (layang-layang, jajar genjang, persegi, belah ketupat, persegi panjang). Walaupun pemanfaatan metode ini tidak sebatas hanya pada materi-materi ini saja. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran CIRC pada Materi Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh Tahun Ajaran 2013/2014”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar materi kubus dan balok pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIII2 dan 22 siswa kelas VIII1 SMP Negeri 17 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Pengolahan data tes awal dan tes akhir menggunakan statistik nonparametrik yaitu uji jumlah-rank Wilcoxon. Hasil tes menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CIRC tidak lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Kata kunci: CIRC, soal cerita, pemahaman

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

PENERAPAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Cut Ida Fitria, 2015)

EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MA TERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Nova Zulvita Sari, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy