//

UJI ANTIBAKTERIAL EKSTRAK ETANOL DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN KLEBSIELLA PNEUMONIA SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZA MUNAWAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pneumonia adalah suatu penyakit infeksi atau peradangan pada organ paru-paru khususnya alveoli yang salah satunya disebabkan oleh bakteri Klebsiella pneumonia. Beberapa alternatif tumbuhan digunakan untuk mencari tanaman yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri Klebsiella pneumonia. Berdasarkan hasil kromatogram kandungan daun sirih merah memiliki alkaloid, flavonoid, tannin, dan minyak atsiri yang merupakan senyawa yang diduga berpotensi sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan ekstrak daun sirih merah dalam menghambat pertumbuhan Klebsiella pneumonia secara in vitro. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 6 kelompok dengan 4 perlakuan dan 2 kontrol diulang sebanyak 4 kali. Masing-masing perlakuan menggunakan konsentrasi 25, 50, 75, 100 %, ciprofloxacin 5µg dan CMC 1% sebagai kontrol. Metode yang digunakan adalah metode difusi dengan menggunakan cakram kertas untuk mengukur diameter zona hambat. Parameter yang diamati yaitu luas zona hambat yang terbentuk. Data kemudian dianalisa dengan uji Anova dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun sirih merah memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri Klebsiella pneumonia dengan rata–rata SD pada konsentrasi 100 % adalah 13,75 ± 0,95. Semakin tinggi konsentrasi maka semakin besar zona hambat yang dihasilkan. Kata Kunci : Klebsiella Pneumonia, Ekstrak daun sirih merah (Piper crocatum), zona hambat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (aulia iski, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN SIRIHRNMERAH (PIPER CROCATUM L. VAR RUBRUM) TERHADAPRNPERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS SECARARNIN VITRO (Tatty Purnamawati, 2014)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) TERHADAP PERTUMBUHAN METHICILLIN- RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (Desi Maharani Alga, 2015)

UJI ANTIBAKTERIAL EKSTRAK ETANOL TANAMANRNJAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSC.) DALAMRNMENGHAMBAT PERTUMBUHANRNBAKTERI KLEBSIELLA PNEUMONIARNSECARA IN VITRO (Dara Puspita, 2015)

ANALISIS DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN SIRIH HIJAU (PIPER BETLE L.)TERHADAP MIKROORGANISME INDIKATOR MASTITIS (DICKY RIZALDI RAMBE, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy