//

PERSEPSI SISWA DAN GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP KAMPANYE DEMAM BERDARAH DENGUE DI SEKOLAH DASAR NEGERI 10 DESA PANTERIEK KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT MADONG ISHAK - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Salah satu cara mencegah DBD (Demam Berdarah Dengue) adalah dengan mengendalikan vektor melalui kampanye pencegahan DBD. Namun sangat disayangkan banyak kampanye DBD belum mampu mencapai tujuannya karena kurangnya metode inovatif dalam penyampaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dan guru terhadap metode inovatif dalam kampanye DBD. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain action research dengan subjek siswa dan guru Sekolah Dasar Negeri 10 Desa Panteriek Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Intervensi yang dilakukan adalah kampanye pencegahan DBD dengan menggunakan media film, role-play, drama, power point-slide, lagu. Data dikumpulkan melalui deep interview pada siswa dan guru. Data dianalisis dengan menggunakan metode Miles Huberman. Maka didapatkan tema-tema yang muncul antara lain: 1) Siswa dan guru menyukai kampanye tersebut, terutama dengan media film, drama, 2) Siswa dan guru merasakan manfaatkan dari kampanye antara lain dapat mengetahui ciri-ciri nyamuk vektor DBD, siklus hidup, tanda dan gejala DBD, 3) Siswa dan guru dapat melakukan pemisahan sampah terutama sampah plastik, 4) Siswa dan guru dapat melakukan metode 3M plus di lingkungan rumah maupun di sekolah. Kata kunci : DBD, Kampanye DBD inovatif, Action research, Penelitian Deskriptif Kualitatif

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI SISWA DAN GURU TEHADAP KAMPANYE PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-AZHAR KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Gita Trisnawati, 2015)

UJI BAKTERIOLOGIS PADA AIR MINUM ISI ULANG DI DUA DESA (LEUNG BATA DAN PANTERIEK) KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH (Yuliza Azella, 2017)

DISTRIBUSI JUMLAH SEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DISTRIBUSI JUMLAH SEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Farriz Ade Rezky, 2018)

KEPADATAN LARVA NYAMUK AEDES SPP SEBAGAI VEKTOR PENYEBAB DEMAM BERDARAH DENGUE KUALA BANDA ACEH (Rafiatul Ichwani, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BAITURRAHMAN (Azka Muda Adri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy