//

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN INSOMNIA PADA SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI FATIH BILINGUAL BOARDING SCHOOL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Rizky - Personal Name
SubjectSTRESS - PSYCHOLOGY
INSOMNIA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Stres merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan insomnia, dan insomnia merupakan salah satu akibat yang dapat ditimbulkan ketika seseorang mengalami stress yang berlebihan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan insomnia pada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama di Fatih Bilingual Boarding School Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan desain cross sectional dan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner Depression Anxiety and Stress Scale (DASS-42) dan Insomnia Symptom Questionnaire(ISQ).Subjek penelitian terdiri dari 86 siswa-siswi yang diasrama dengan sampel penelitian adalah 46 putra (53,5 %) dan 40 putri (46,5 %). Secara keseluruhan, siswa-siswi yang mengalami stres adalah 41,86 % dan tidak stres 58,14 %, dan berdasarkan tingkatannya didapatkan stres ringan 18,6 %, stres sedang 17,44 %, dan stres berat 5,82%. Hasil insomnia didapatkan sebanyak 18,6% mengalami insomnia, dan 81,4% tidak mengalami insomnia. Insomnia banyak terdapat pada usia 11-13 tahun (25,8 %) dengan tingkatan kelas satu dan dua. Hasil uji chi square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan insomnia yaitu p 0,016 (p< 0,05). Kata kunci: insomnia, tingkat stres, remaja, sekolah menengah pertama

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STRES DAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ullyaty Rachmah, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN GEJALA INSOMNIA PADA LANSIA DI UPTD RUMOH RNSEJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA RNACEH DAN UPTD PANTI SOSIAL RNTRESNA WERDHA BELAI KASIH RNKAB. BIREUEN (FAUZIATUL AMRA, 2015)

THE EFFECTIVENESS OF SMART BOARD MEDIA IN TEACHING READING FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL) (Hasna Topal, 2018)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN MENJELANG OBJECTIVE STRUCTURAL CLINICAL EXAM (OSCE) PERTAMA DENGAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2013 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Maulida, 2014)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN INSOMNIA PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL RNABIDIN BANDA ACEH (POCUT INDAH SAFITRI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy