//

ANALISIS EKOLOGI KOMUNITAS PLANKTON DI HULU SUNGAI KRUENG RABA KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rendi Aditya - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang “Analisis Ekologi Komunitas Plankton di Hulu Sungai Krueng Raba Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar” telah dilaksanakan pada bulan April sampai dengan September 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepadatan, keanekaragaman dan tingkat kesamaan plankton di Hulu Sungai Krueng Raba Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik purpossive sampling. Lokasi pengambilan sampel dibagi menjadi 4 stasiun, pada setiap stasiun ditentukan 3 titik pengamatan. Pengambilan sampel dilakukan seminggu sekali dalam 2 area pengambilan (permukaan air dan kedalaman 2 m) dan 2 waktu (pagi-siang dan siang-sore) dengan total 4 kali pengambilan. Analisis data menggunakan rumus Kepadatan, Indeks Keanekaragaman dan Indeks Similaritas. Nilai kepadatan tertinggi pada area pengambilan di permukaan air didapat pada Stasiun I yaitu 558 idv/L, sedangkan pada Stasiun II, III dan IV nilai kepadatan adalah 432 idv/L, 387 idv/L dan 432 idv/L. Nilai kepadatan tertinggi pada area pengambilan di kedalaman 2 m didapat pada Stasiun I yaitu 585 idv/L, sedangkan pada Stasiun II, III dan IV adalah 522 idv/L, 531 idv/L dan 540 idv/L. Nilai Indeks Keanekaragaman tertinggi pada permukaan air didapat pada Stasiun I yaitu 2,281, pada Stasiun II, III dan IV adalah 1,769, 1,734 dan 1,921. Nilai Indeks Keanekaragaman tertinggi pada kedalaman 2 m didapat di Stasiun I yaitu 2,098, pada Stasiun II, III dan IV adalah 1,918, 1,878 dan 1,952. Nilai Indeks Similaritas antara Stasiun I dan II adalah 57,895%, Stasiun I dan III adalah 50%, Stasiun I dan IV adalah 43,243%, Stasiun II dan III adalah 76,923%, Stasiun II dan IV adalah 59,259% dan Stasiun III dan IV adalah 64%. Simpulan dari hasil penelitian adalah keanekaragaman pada seluruh stasiun berada dalam kategori sedang dan similaritas termasuk dalam kategori mirip hingga sangat mirip. Kata Kunci: Analisis Ekologi, Plankton, Sungai Krueng Raba

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SEBARAN KLOROFIL-A DAN KUALITAS AIR DI SUNGAI KRUENG RABA LHOKNGA, ACEH BESAR (Hayatun Nufus, 2016)

HUBUNGAN KERAPATAN FITOPLANKTON DENGAN PRODUKTIVITAS PRIMER DI ESTUARI KRUENG RABA DESA MON IKEUN KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Wardiah, 2013)

STRUKTUR KOMUNITAS MEIOBENTHOS PADA PERAIRAN KRUENG ALUE SUMIRAH KECAMATAN SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN (MUAMMAR IRFAN, 2021)

PENETAPAN KUALITAS AIR BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN PLANKTON DI KRUENG DAROY (ARIHSYAH PUTRA ZAI, 2018)

KEANEKARAGAMAN DAN DOMINANSI PLANKTON DI ESTUARI KUALA RIGAIH KECAMATAN SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA (rahmatullah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy