//

OUTCOME PASIEN PENYAKIT HIRSCHSPRUNG PASCA OPERASI TRANSANAL ENDORECTAL PULL THROUGH (TEPT) DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hawanur Husna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penyakit Hirschsprung adalah penyebab obstruksi usus tersering pada neonatus, dengan insidensi keseluruhan 1 : 5000 kelahiran hidup dimana laki-laki lebih banyak dari pada perempuan dengan perbandingan 4 : 1. Salah satu tindakan bedah definitif pada penyakit Hirschsprung adalah prosedur Transanal Endorectal Pull Through (TEPT) yang menunjukkan hasil memuaskan khususnya pada tipe rektosigmoid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran outcome pasien penyakit Hirschsprung pasca operasi TEPT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan retrospektif yang dilakukan pada pasien penyakit Hirschsprung yang telah menjalani operasi lebih dari 6 bulan di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh kemudian dihubungi melalui telepon untuk menilai outcome fungsi anorektal pasca tindakan TEPT dengan menggunakan kuesioner Heikkinen. Sampel penelitian berjumlah 36 responden yang akan dianalisis menggunakan analisis univariat dan tabulasi silang. Hasil penelitian didapatkan outcome fungsi anorektal paling banyak adalah kontinensia baik (50%), usia pasien saat dilakukan tindakan operasi paling banyak adalah 0-1 bulan (38,9%), usia pasien saat dilakukan follow-up paling banyak adalah 1-5 tahun (86,1%), jenis kelamin paling banyak adalah laki-laki (63,9%), panjang reseksi usus paling banyak adalah kelompok 10-20 cm (94,4%), dan lama rawatan paling banyak adalah 4-7 hari (61,1%). Penilaian outcome fungsi anorektal ini dapat dijadikan sebagai evaluasi terhadap manajemen penyakit Hirschsprung. Kata kunci : penyakit Hirschsprung, prosedur TEPT, outcome fungsi anorektal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OUTCOME PASIEN PENYAKIT HIRSCHSPRUNG PASCA OPERASI TRANSANAL ENDORECTAL PULL THROUGH (TEPT) DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Hawanur Husna, 2016)

OUTCOME PASIEN HIRSCHSPRUNG’S DISEASE DI BAGIAN BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2011-2012 (Ahmad Setyadi, 2016)

PROFIL PENDERITA PENYAKIT HIRSCHSPRUNG DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH (Nasrizarni, 2014)

HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA PASIEN KANKER PAYUDARA PASCA MASTEKTOMI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SYIFA REGITA CAHYANI, 2021)

HUBUNGAN OVERWEIGHT DENGAN OSTEARTRITIS DIPOLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUDZA BANDA ACEH (Topan Ardian, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy