//

PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS V SDN 50 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang erni - Personal Name
SubjectPROBLEM SOLVING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Problem Solving, Sumber Daya Alam, Hasil Belajar Penelitian ini berjudul “Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas V SDN 50 Banda Aceh”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh metode Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas V SDN 50 Banda Aceh”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas V SDN 50 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 50 Banda Aceh yang berjumlah 120 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V_c berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk pilihan ganda yang diberikan pada akhir pembelajaran (tes akhir). Analisis data siswa yang diperoleh dari tes akhir adalah t_hitung>t_tabel = t>t_(1-α) = 4,63 > 1,71. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, H_0 ditolak dan terima H_1, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Problem Solving dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam kelas V SDN 50 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS V RNSDN 12 BANDA ACEH (SITI RADHIYATUL HAVIVI, 2014)

PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI LAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Elvi Sukarsih, 2013)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Emilia, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy