//

KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ERYZA ILMIANA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Discovery Learning, Open-Ended, Persamaan Linear Dua Variabel, Ketuntasan Belajar Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menemukan sendiri pemahaman dan konsepnya. Open-Ended merupakan salah satu pendekatan yang menyajikan masalah terbuka yang memiliki jawaban benar lebih dari satu. Penelitian ini menerapkan model discovery learning dengan pendekatan open-ended pada materi persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada materi persamaan linear dua variabel melalui penerapan model discovery learning dengan pendekatan open-ended di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling, dimana kelas yang dipilih adalah kelas VIII-B dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pre-eksperimen design, yaitu one shot case study. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket respon siswa, dan lembar observasi lapangan. Pengolahan data menggunakan uji-t dengan simpangan baku populasi (σ) tidak diketahui. Uji yang digunakan adalah uji satu pihak, yaitu uji pihak kanan dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil analisis data tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 78,41 dengan simpangan baku 10,93. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai thitung (3,07) lebih dari nilai ttabel (1,72), sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak. Disamping itu, hasil analisis respon angket menunjukkan bahwa 27,27% siswa memberikan respon sangat setuju, sedangkan 72,73% siswa memberikan respon setuju. Sementara itu hasil lembar observasi lapangan untuk aspek pengamatan guru memperoleh nilai rata-rata 4 yang berada pada kategori baik dan untuk aspek pengamatan siswa memperoleh nilai rata-rata 3,77 yang juga berada pada kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model discovery learning melalui pendekatan open-ended hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan pada materi persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI RNPERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV) DI RNKELAS VII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Yulianti, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy