//

EFEKTIFITAS INFUSA KULIT JENGKOL (PITHECELOBIUM JIRINGA) TERHADAP PENURUNAN GULA DARAH TIKUS (RATUS NOVERGICUS ) GALUR WISTAR YANG DIINDUKSI ALOKSAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rama Suci Anggulona - Personal Name

Abstrak/Catatan

Diabetes melitus dapat menyebabkan komplikasi menahun yang berakibat fatal seperti penyakit jantung, gangguan fungsi ginjal, kebutaan, pembusukan kaki (gangrene) atau timbulnya impotensi, sehingga diperlukan pencegahan dan pengobatan yang optimal dengan tanaman obat. Pada saat ini salah satu pengobatan dapat dilakukan dengan obat bahan alam yaitu dengan kulit jengkol (Pithecelobium jiringa).Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dalam 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari kontrol negatif , kontrol positif dan tikus yang di beri infusa kulit jengkol dengan dosis 4,5 g/tikus, 9g/tikus dan 18 g/tikus. Hewan coba yang digunakan adalah tikus jantan (Rattus norvegicus). Data yang diperoleh, dianalisis secara statistik dengan uji Friedman. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan rata-rata kadar glukosa darah setelah 3 sampai 7 hari perlakuan, dengan rata – rata penurunan dari 497 mg/dl ke 103 mg/dl. Untuk melihat efektivitas dosis dilakukan uji kruskal wallis dengan p < 0,005 dan uji lanjutan dengan Mann-Whitney yang rata menunjukkan tidak ada perbedaan penurunan gula darah pada dosis yang berbeda dengan p> 0,005.Infusa kulit jengkol (Pithecellobium jiringa) menurunkan kadar glukosa darah tikus yang telah dibuat hiperglikemia. Peningkatan dosis tidak mempengaruhi penurunan kadar gula darah tikus yang diinduksi aloksan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK PEMBERIAN INFUSA DAUN SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI DENGAN ALOKSAN (Kiky Moelviani, 2016)

ANTIOKSIDAN DAN ANTIDIABETES DARI EKSTRAK ETANOL KULIT ASAM KUMBANG (MANGIFERA QUADRIFIDA JACK) PADA TIKUS (RATTUS NORVEGICUS) GALUR WISTAR (Febby Dara Pratiwi, 2018)

POTENSI AKAR MELASTOMA MALABATHRICUM L. TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR HIPERGLIKEMIA (Nurjaya, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KULIT BUAH DELIMA MERAH (PUNICA GRANATUM L) TERHADAP KUALITAS SPERMA TIKUS (RATTUS NORVEGICUS) STRAIN WISTAR JANTAN DIABETES MELITUS YANG DIINDUKSI ALOKSAN (SORAYA ULFA, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK (Fara Meutia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy