//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novita Angraini - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pembelajaran Pencapaian Konsep (Concept Attainment), Ketuntasan Belajar, Fungsi Fungsi merupakan salah satu materi yang dianggap sulit dipahami siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi ini, diduga disebabkan oleh model pembelajaran yang diberikan. Agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik, salah satunya perlu digunakan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment Learning). Model pembelajaran Pencapaian konsep adalah model pembelajaran yang dirancang untuk menata atau menyusun data sehingga konsep-konsep penting dapat dipelajari secara tepat dan efisien. Dengan menerapkan model pembelajaran tersebut diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, (2) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (3) untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran, (4) untuk mengetahui respon siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Banda Aceh sebanyak 27 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: (1) lembar observasi aktivitas kemampuan guru dalam pembelajaran, (2) lembar observasi aktivitas kemampuan siswa dalam pembelajaran, (3) angket respon siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan (4) hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh melalui model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) pada materi fungsi dapat mencapai ketuntasan belajar. Kategori pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik, aktivitas siswa yang didasarkan pada waktu ideal dan toleransi 5% dikatakan aktif serta respon siswa terhadap pembelajaran melalui pembelajaran pencapaian konsep dikatakan positif, karena untuk setiap aspek yang di respon lebih dari 80% siswa memberikan tanggapan positif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI METABOLISME (Nazar Muhammad, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACLLLNG AND LEARNING (CTL) DAN MODEL QUANTUM TEACHING KOMPETENSI DASAR FLORA DAN FAUNA KELAS VIIL SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Desi Vebriyanti, 2021)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy