//

STUDI AKTIVITAS HARIAN RUSA SAMBAR(CERVUS UNICOLOR)DI TAMAN RUSA DESA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Raudhah Hayatillah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Rusa Sambar merupakan salah satu satwa yang memiliki banyak manfaat dan berpeluang dijadikan ternak masa depan. Namun, jumlahnya terus mengalami penurunan karena untuk mendapatkannya hanya dilakukan dengan perburuan. Salah satu upaya untuk menyelamatkannya yaitu konservasi. Taman Rusa Desa Lamtanjong Kabupaten Aceh Besar adalah salah satu contoh konservasi ex situ. Penelitian dilakukan dari April sampai dengan Mei 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas harian dan perilaku dominan yang dilakukan Rusa Sambar. Objek dalam penelitian ini adalah Rusa Sambar yang terdiri dari 2 jantan dan 3 betina yang terdapat di Taman Rusa Desa Lamtanjong Kabupaten Aceh Besar. Data mengenai perilaku harian diperoleh melalui pengamatan langsung dengan menggunakan metode scan animal sampling selama 14 hari pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui perilaku yang dilakukan berupa perilaku makan, pindah, istirahat, grooming dan reproduksi. Perilaku dominan yaitu makan (47%), pindah (20%), istirahat (29%), grooming (3%) dan reproduksi (1%). Perilaku makan tertinggi terjadi pada pukul 08.00-09.00. Perilaku dominan yang dilakukan rusa adalah makan dan tidak terdapat perbedaan aktivitas harian pada musim hujan dan tidak hujan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JUMLAH PENGUNJUNG TERHADAP PERILAKU MAKAN RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) DI TAMAN RUSA SIBREH, ACEH BESAR (Jummaita Janra Satriana, 2020)

IDENTIFIKASI CACING PARASIT GASTROINTESTINAL PADARUSASAMBAR (CERVUS UNICOLOR)DANRUSATOTOL (AXIS AXIS ) DI TAMAN MARGASATWABUDAYAKINANTAN (TMSBK) KOTA BUKITTINGGI (NADYA ALFI, 2021)

STUDI AKTIVITAS HARIAN RUSA SAMBAR(CERVUS UNICOLOR)DI TAMAN RUSA DESA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (Raudhah Hayatillah, 2016)

ISOLASI BAKTERI ASAM LAKTAT GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) (AMELIA ANDIKA PUTRI, 2018)

PERBANDINGAN SPESIES CANDIDA PADA RONGGA MULUT RUSA SAMBAR DAN RUSA TOTOL (Rinda Kartika Balqis, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy