//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang zakiarrahman - Personal Name

Abstrak/Catatan

Seorang penderita PJK dapat mengalami kecemasan ketika orang itu menyadari bahwa adanya ancaman yang terjadi terhadap dirinya. Pada penderita PJK yang mengalami kecemasan dibutuhkan peranan penting dukungan sosial terutama dukungan keluarga yang merupakan orang terdekat penderita sehingga penderita PJK tidak mengalami kecemasan yang berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pasien PJK di Rumah Sakit Umum dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis Penelitian ini adalah analitik dengan pengambilan data secara cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah penderita PJK yang berobat ke poliklinik jantung Rumah Sakit Umum dr.Zainoel Abidin Banda Aceh pada tanggal 5 Februari 2014 sampai dengan 21 Februari 2014 sebanyak 35 orang. Hasil uji Chi Square didapatkan p-value=0,029 (< 0,05) untuk hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pasien PJK sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pasien PJK. Kata kunci : dukungan keluarga, kecemasan, penyakit jantung koroner

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (LENNY JULIANI LESTARI, 2017)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

GAMBARAN KECEMASAN PASIEN YANG AKAN MENJALANIRNKATETERISASI JANTUNG DIRUMAH SAKIT UMUMRNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2013 (CUT NAJA SOVIA, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN (Raudhatul Jannah, 2016)

HUBUNGAN OBESITAS TERHADAP PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLI KLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Aisyatun, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy