//

HUBUNGAN OBESITAS DENGAN PENURUNAN FUNGSI KOGNITIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSLIANA - Personal Name
SubjectOBESITY - MEDICINE
COGNITIVE NEUROSCIENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Obesitas dapat membuat pembuluh darah otak menjadi tidak elastis, karena terdapat substansi putih berlemak yang mengelilingi sel saraf, sehingga hantaran informasi ke otak terputus dan ditemukan adanya kerusakan dilapisan luar pelindung otak yang mengakibatkan penurunan fungsi kognitif. Jenis penelitian ini adalah observasi analitik menggunakan rancangan cross sectional yang melibatkan 90 responden dengan rentang umur 40-60 tahun sebagai sampel. Responden diukur tinggi badan dan berat badan, setelah itu dihitung dengan rumus Indeks Massa Tubuhnya (IMT), kemudian responden diuji kemampuan kognitifnya menggunakan kuesioner Mini Mental State Examination (MMSE). Uji Chi square digunakan untuk melihat hubungan dua variabel. Sebagian besar responden (70,8%) mengalami obesitas. Hasil uji chi square untuk variabel obesitas menunjukkan nilai p value 0,018 (α ≤ 0,05) yang berarti pada tingkat kemaknaan 95% terdapat hubungan obesitas dengan penurunan fungsi kognitif. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan obesitas dengan penurunan fungsi kognitif sehingga perlu pengontrolan berat badan bagi masyarakat agar tidak terjadi penurunan fungsi kognitif. Kata Kunci: obesitas, penurunan fungsi kognitif, MMSE

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN FUNGSI KOGNITIF (Defira Rosa Amalia, 2014)

HUBUNGAN LAMA MENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 TERHADAP PENURUNAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN LANJUT USIA (Syarifah Sulfira Mulia, 2016)

HUBUNGAN ANTARA ATEROSKLEROSIS ARTERI SEREBRI MEDIA DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA STROKE ISKEMIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Intan Maulinar, 2016)

HUBUNGAN KADAR GULA DARAH DENGAN FUNGSI KOGNITIF PASIEN STROKE ISKEMIK DIUKUR DENGAN MONTREAL COGNITIVE ASSESSMENT VERSI INDONESIA (Weni Desmila, 2018)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI KOGNITIF PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DI RSUDZA (FARAH KAMILA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy