PENGARUH LEBAR LAMBUNG KAPAL PADA KAPAL PENANGKAP IKAN BERLAMBUNG V TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH LEBAR LAMBUNG KAPAL PADA KAPAL PENANGKAP IKAN BERLAMBUNG V TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR


Pengarang

Alfidha Anhar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0808105010017

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kelautan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

338. 372 7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh lebar lambung kapal pada
kapal penangkap ikan berlambung V terhadap konsumsi bahan bakar telah
dilakukan pada bulan Maret 2013 di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Lampulo
Kota Banda Aceh. Metode partisipatif digunakan untuk kapal yang dijadikan
sampel dan diamati serta diambil data tentang jarak jelajah kapal dan jumlah
bahan bakar yang dikonsumsi. Tiga kapal yang dijadikan sampel masing-masing
berbobot 30 GT yaitu kapal Banda Aceh, kapal Pidie, dan kapal Idi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dengan jarak jelajah 200 mil laut kapal Idi dengan
lebar lambung (B = 5,4 meter) adalah kapal yang paling banyak menghabiskan
bahan bakar, yaitu sebanyak 732,04 liter, kapal Pidie (B = 5,15 meter) 666,15
liter, dan kapal Banda Aceh (B = 5 meter) paling sedikit menghabiskan bahan
bakar sebanyak 629,81 liter. Kesimpulan penelitian ini adalah kapal Banda Aceh
dengan lebar lambung (B = 5 meter) menghabiskan bahan bakar lebih sedikit
dibandingkan dengan kapal Idi (B = 5,4 meter) dan kapal Pidie (B = 5,15 meter).
Kata kunci : kapal penangkap ikan, bahan bakar kapal, lebar lambung kapal,
metode partisipatif.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK