//

KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DAN BIVALVIA BERDASARKAN KARAKTERISTIK SEDIMEN DAERAH INTERTIDAL DI PANTAI UJONG PANCU KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zia Ulmaula - Personal Name
SubjectGASTROPODA
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian Keanekaragman Gastropoda dan Bivalvia Berdasarkan Karakteristik Sedimen Daerah Intertidal di Pantai Ujung Pancu Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar ini dilakukan pada bulan Januari 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman berdasarkan karakteristik sedimen. Metode yang digunakan adalah metode Purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan pada saat surut terendah. Stasiun terdiri dari 5 stasiun, dimana setiap stasiun diletakkan plot berukuran 5 x 5 m dan diletakkan transek kuadrat berukuran 1 x 1 m didalamnya dengan jarak sampling 30 m. Analisis data menggunakan rumus keanekaragaman dan Mean grain size. Hasil penelitian ditemukan 19 total spesies yang terdiri dari 12 spesies kelas Gastropoda dan 7 spesies kelas Bivalvia. Keanekaragaman berkisar antara 3,652-3,984. Dan ukuran butiran berkisar antara 0,294-0,403. Kesimpulannya adalah (1) Keanekaragamannya tinggi (2) Ukuran butirannya pasir halus. Kata Kunci : Ujong Pancu, Keanekaragaman, Sedimen, Gastropoda, Bivalvia

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA DISTRIBUSI GASTROPODA PADA PASIR PENGHALANG (SEDIMENT BAR) PESISIR GAMPONG LAMPAGEU RNKECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Irvan Silfandi, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS GASTROPODA DAN BIVALVIA SERTA VEGETASI MANGROVE DI PULAU PUSUNG CIUM, KECAMATAN SERUWAY, KABUPATEN ACEH TAMIANG (MAHTASHAL HARBI, 2020)

KEPADATAN DAN POLA PENYEBARAN LINGULA SP. DI PANTAI UJONG PANCU KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR DAN PANTAI SYIAH KUALA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (AYU NURHALIZA, 2019)

KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN KELAS GASTROPODA DAN KELAS BIVALVIA DI EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG IE MASEN KECAMATAN MUARA TIGA KABUPATEN PIDIE (Ikramullah, 2017)

STRUKTUR KOMUNITAS GASTROPODA DAN BIVALVIA DI KAWASAN KUALA IDI, KECAMATAN IDI RAYEUK, KABUPATEN ACEH TIMUR (Nisfu Riyazi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy