//

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP DASAR PECAHAN DI KELAS IX SMP NEGERI 14 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuni Purnama Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Miskonsepsi, Konsep Pecahan Miskonsepsi adalah suatu konsepsi siswa yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah, dan hanya dapat ditemukan dalam konsep-konsep tertentu dan tidak dapat digeneralisasi. Miskonsepsi sulit dihilangkan, sehingga berpengaruh pada rendahnya prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana miskonsepsi yang dialami siswa dan penyebab terjadinya miskonsepsi pada konsep dasar pecahan di SMP Negeri 14 Banda Aceh. Alasan dipilihnya konsep pecahan adalah karena materi pecahan dianggap penting baik dalam penerapan konsep matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat meminimalisir terjadinya miskonsepsi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 14 Banda Aceh. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan memberikan tes tertulis kepada 21 siswa yang menjadi subjek, kemudian dilakukan wawancara terhadap 5 subjek yang dipilih berdasarkan hasil tes tertulisnya. Hasil tes tertulis digunakan untuk menentukan skala tinggi, sedang, dan rendah. Sedangkan untuk mengetahui adanya miskonsepsi diperoleh dari hasil wawancara. Berdasarkan tes tertulis dan wawancara dapat diketahui penyebab miskonsepsi pada siswa adalah karena prakonsepsi yang diterima siswa tidak sesuai dengan konsep ilmiah, sehingga siswa sulit menghilangkan miskonsepsi. Dari hasil penelitian terlihat adanya perbedaan miskonsepsi atau dengan kata lain, miskonsepsi yang dialami siswa beragam jenisnya, hal ini terlihat dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap 5 orang siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS MISKONSEPSI GURU MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) NURUL ISHLAH BANDA ACEH (MUTIA ALFITRI, 2019)

PENERAPAN STRATEGI KONFLIK OGNITIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Dewi Fitri, 2018)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN METODE INDEKS RESPON KEPASTIAN (IRK) PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM LINEAR DI SMAN 2 BANDA ACEH (Nur Sarifah Alawiyah, 2017)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP LISTRIK DINAMIS DI SMAN 6 BANDA ACEH (NOVIA NANDA BALQIS N, 2018)

ANALISIS MISKONSEPSI PADA KONSEP PRASYARAT ALJABAR YANG TERJADI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAYAH (Nurlita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy