//

HUBUNGAN PEKERJAAN DENGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Aminah - Personal Name
SubjectPAIN-SYMPTOM
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Nyeri Punggung Bawah (NPB) adalah nyeri pada regio lumbar spinal dengan atau tanpa sciatica dan merupakan penyebab tersering dari kelumpuhan di seluruh dunia. NPB merupakan salah satu penyakit akibat pekerjaan, 90% kasus NPB bukan disebabkan oleh kelainan organik, melainkan oleh kesalahan posisi tubuh dalam bekerja, seperti duduk lama dengan posisi yang salah, mengangkat beban berat, pekerjaan dengan gerakan membungkuk dan memutar tubuh khususnya sekitar tulang panggul bawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara pekerjaan dengan intensitas nyeri punggung bawah pada pasien yang berobat ke Poliklinik Saraf RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Responden adalah seluruh pasien NPB yang berobat ke poliklinik saraf RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh yang sudah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel berjumlah 30 responden, pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling dengan metode accidental sampling. Berdasarkan hasil uji statistik chi-square menunjukkan p-value 0,008 (α ≤ 0,05) sehingga ada hubungan yang bermakna antara pekerjaan dengan intensitas nyeri punggung bawah pada pasien yang berobat ke poliklinik saraf RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEROKOK DENGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH (NPB) DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rahmadini, 2014)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH UNILATERAL DENGAN DERAJAT OSTEOARTRITIS DAN INTENSITAS NYERI LUTUT KONTRALATERAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RISKA SANTI PUTRI, 2021)

HUBUNGAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH (RAIHANAH FADHILLAH YULIANI, 2021)

HUBUNGAN PARITAS DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA (Bangkit Salam, 2017)

GAMBARAN NYERI CAMPURAN PADA PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NURUL ULYA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy