//

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT SERUM TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muharrani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Asam urat merupakan pemecahan purin dalam tubuh yang dibantu oleh enzim gunase dan xanthine oxidase. Salah satu cara yang sudah dilakukan untuk menurunkan asam urat adalah pemanfaatan tumbuhan obat tradisional. Tumbuhan yang diketahui dapat menurunkan kadar asam urat adalah tanaman seledri (Apium graveolens L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak seledri terhadap penurunan kadar asam urat serum tikus putih (Rattus norvegicus) jantan yang diinduksi stres listrik. Ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik dengan rancangan acak sederhana menggunakan 10 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan dan dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok kontrol adalah tikus stres listrik selama 10 hari yang diberi makan standar dan akuades dan kelompok perlakuan adalah tikus stres listrik selama 10 hari yang diberi makan standar dan akuades serta diberi 50 mg/200 gBB ekstrak seledri selama 10 hari. Analisa data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t data berpasangan. Hasil pemeriksaan kadar asam urat tikus sesudah perlakuan pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan terjadi penurunan sebesar (15,96% vs 38,14%). Berdasarkan hasil uji-t data berpasangan kadar asam sesudah perlakuan pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan didapatkan nilai (2,37±0,61 ; vs 1,33±0,35; p=0,018). Kesimpulannya ekstrak etanol seledri dapat menurunkan kadar asam urat pada tikus putih jantan yang diinduksi stres listrik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK (Fara Meutia, 2015)

EFEK PEMBERIAN INFUSA DAUN SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI DENGAN ALOKSAN (Kiky Moelviani, 2016)

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL SARANG SEMUT (MYRMECODIA SP.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN DIABETES MELITUS (Fenny Apriani, 2015)

KADAR TRIGLISERIDA DAN MALONDIALDEHID (MDA) SERUM TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) HIPERKOLESTEROLEMIK YANG DIBERI EKSTRAK WORTEL (DAUCUS CAROTA) (HIQMAH LAILA, 2016)

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM (EUGENIA POLYANTHA) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT TIKUS JANTAN (RATTUS NORVEGICUS) GALUR WISTAR HIPERURISEMIA (Nasrullah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy