//

IDENTIFIKASI JENIS IKAN DI PERAIRAN LAGUNA GAMPOENG PULOT KECAMATAN LEUPUNG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syawal Syah Fitrah - Personal Name
SubjectMARINE ZOOLOGI
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Kawasan perairan laguna di Gampoeng Pulot merupakan suatu ekosistem baru yang terbentuk karena terjadinya bencana tsunami yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004, lalu diikuti gempa bumi pada Maret 2005 yang menyebabkan terbentuknya suatu ekosistem lahan basah pesisir baru yang disebut laguna. Laguna adalah suatu genangan air yang menyerupai danau/telaga berada dekat pantai yang dulunya merupakan bagian dari (bersatu dengan) laut tapi karena peristiwa geologis, kemudian ia terpisah dari laut dan membentuk eksosistem lahan basah pesisir yang baru. Penelitian ini dilakukan pada bulan September tahun 2015 melalui November 2015, pengambilan sampel dilakukan di perairan laguna di Desa Pulo, Kecamatan Leupung, Aceh Besar.Jumlah ikan yang ditemukan di perairan laguna desa Pulot adalah 11 jenis yang mewakili 10 keluarga.Spesies ikan yang ditangkap adalah Caranx melampygus, Carangoides caeruleopunctatus, Diodon liturosus, Stolephorus heterolubus, Platax batavianus, Plectorhinchus lineatus, Lutjanus russelli, Karalla daura, Crenimugil crenilabis, Epinephelus coiodes, dan Toxotes jaculatrix. Ikan mendominasi di perairan laguna dalam hal jumlah individu jenis Stolephorus heterolubus dan Crenimugil crenilabis. Ikan yang ditangkap dari data waktu didasarkan pada mencari makan kebiasaan masing-masing, ada 4 jenis ikan yang tertangkap di nokturnal (aktif di malam hari) dan 7 spesies tertangkap selama diurnal (aktif di siang hari). Kata Kunci : Laguna, Ikan, Nokturnal, Diurnal, Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JENIS DAN KELIMPAHAN FITOPLANKTON DI PERAIRAN LAGUNA GAMPONG PULOT KECAMATAN LEUPUNG ACEH BESAR (TM. Marman, 2015)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA KEONG MATA LEMBU (TURBO ARGYROSTOMA) DI PERAIRAN PULOT KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Ainul Aina Sinaga, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI IKAN ASIN DI KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Dedy Supriadi, 2014)

IDENTIFIKASI ALAT BANTU PENANGKAPAN IKAN PADA BAGAN APUNG DI PERAIRAN LEUPUNG DAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR (FACHRUROZI AMIR, 2017)

PENGARUH ARUS PASANG SURUT TERHADAP KONSENTRASI SEDIMEN MELAYANG DI LAGUNA GIGIENG (T. Didi Rosadi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy