//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN STRES PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLI ENDOKRIN RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang cut farah farhani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Diabetes Melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya. Kekambuhan DM terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah umur, jenis kelamin, perkerjaan, pendidiakkan, status, dan stres. Dukungan keluarga dapat menjadi sumber untuk membantu menghindari efek negatif dari stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan stres pada pasien DM tipe 2 di Poli Endokrin RSUDZA Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi analitik dengan menggunakan desain cross sectional yang dilaksanakan 12 Januari 2016 sampai 27 Januari 2016 dengan jumlah responden sebanyak 45 orang. Data diperoleh melalui pengisian kuesioner dan rekam medis pasien. Berdasarkan umur yang paling banyak adalah 56-65 tahun dengan 19 responden Kata kunci : Diabetes melitus tipe 2, Dukungan Keluarga, Stres, Karakteristik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN STRES PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLI ENDOKRIN RSUDZA BANDA ACEH (cut farah farhani, 2016)

HUBUNGAN EMOSI POSITIF DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (RSUDZA) BANDA ACEH (TARI MEUTIA ULBA, 2017)

EFEKTIFITAS PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN SMS TERHADAP KESADARAN DIRI PADA ANGGOTA KELUARGA DENGAN DIABETES MELLITUS DI POLI ENDOKRIN RSUDZA BANDA ACEH (Rikanurrizki, 2017)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

HUBUNGAN POLA MAKAN, USIA, DAN GENETIK DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD MEURAXA BANDA ACEH (M. Alfajri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy