//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suci Mahya Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model PBL yang valid, (2) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model PBL yang praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research). Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick dan Carey, yang langkah-langkah pengembangannya terdiri dari (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) mengidentifikasi perilaku awal/karakteristik siswa, (4) merumuskan tujuan pembelajaran, (5) mengembangkan butir tes, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan isi program pembelajaran, (8) merancang dan melaksanakan evaluasi, dan (9) merevisi perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran PBL yang dikembangkan terdiri dari buku siswa, buku guru, LKS, RPP dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil pengembangan dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid tergambar dari hasil validasi keseluruhan perangkat pembelajaran yang menunjukkan kriteria validitas berada pada kriteria sangat valid, validasi soal tes hasil belajar menunjukkan kriteria soal valid dan validitas butir soal secara empirik menunjukkan butir soal valid dan reliabel. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan praktis terlihat dari hasil uji coba lapangan pada kelas X IA 2 SMA Negeri 8 Banda Aceh, dimana persentase rata-rata aktivitas siswa menunjukkan kriteria sangat baik. Keterlaksanaan pembelajaran yang diamati oleh guru menunjukkan kriteria sangat baik. Nilai hasil kerja siswa pada LKS juga menunjukkan rata-rata kriteria baik. Hasil penilaian siswa dan guru terhadap perangkat pembelajaran juga menunjukkan baik. Nilai tes hasil belajar siswa juga sudah mencapai rata-rata 76,1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran PBL yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan valid dan praktis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARANPROGRAM LINIER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH (Mirna Riazil Jannah, 2016)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA (Yuswan, 2020)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Nurul Ayuni, 2018)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 1 DARUL MAKMUR NAGAN RAYA (Muhammad Arifin, 2020)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GRAFIK FUNGSI MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH DI SMA (MUHAMMAD RIDHA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy