//

DESAIN DAN UJI KENERJA ALAT PENGUMPUL BRONDOLAN KELAPA SAWIT TIPE DIMETRI SPIRAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulana AB - Personal Name

Abstrak/Catatan

MAULANA AB. 0805106010042. Desain dan Uji Kinerja Alat Pengumpul Brondolan Sawit Tipe Dimetri Spiral. Dibawah Bimbingan Mustaqimah, S.TP, M.Sc Sebagai Pembimbing Utama dan Syafriandi, S.TP, M.Si Sebagai Pembimbing Anggota. ABTRAK    Pekerjaan penting diperkebunan kelapa sawit adalah pemanenan karena langsung menjadi sumber pemasukan uang ke perusahaan melalui penjualan minyak kelapa sawit (MKS) dan inti kelapa sawit (IKS). Tandan buah segar (TBS) yang telah dipanen sedikitnya ada 25 buah yang lepas/jatuh (brondolan) dari tandan yang beratnya kurang dari 10 kg atau sedikitnya ada 2-3 buah yang lepas dari setiap kilogramnya, sedangkan pada areal bergelombang dan berbukit sedikitnya ada 55 buah yang lepas/jatuh (brondolan) dari tandan yang beratnya kurang dari 10 kg atau sedikitnya ada 5-6 buah yang lepas dari setiap kilogramnya. Persentase kehilangan produksi TBS di perkebunan kelapa sawit akibat brondolan yang tertinggal di bawah pohon yang tidak dikumpulkan oleh pemanen dapat merugikan petani itu sendiri, karena ekstraksi minyak kelapa sawit pada brondolan yang tinggal sangat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain/rancang dan uji kinerja alat pengumpul brondolan tipe dimetri spiral pada TBS yang telah dipanen serta kapasitas kerja alat.    Metode penelitian yang dilakukan mencakup kegiatan studi pustaka, konsep desain, selanjutnya tahapan pabrikasi yaitu kegiatan pembuatan alat. Waktu untuk semua tahapan yang dilakukan yaitu dari bulan februari sampai maret 2015 di Laboratorium Perbengkelan Pertanian Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Alat-alat yang digunakan yaitu: las listrik, mesin bubut, bor duduk, gerinda tangan, jangka sorong, penekuk plat, gerinda potong, palu, ragum, dan peralatan bengkel lainnya, sedangkan bahan yang digunakan adalah kawat elastis, besi pipa, resin fiber, dinamo penggerak, baterai 12 volt, sedangkan sebagai objek pengujian adalah brondolan sawit pada tandan buah segar (TBS), mesin pengumpul brondolan ini mempunyai beberapa bangian penting, yaitu: rangka, dimetri spiral, dinamo listrik dan batere.    Hasil menunjukkan bahwa penggunaan alat tanpa dinamo penggerak dapat mengutip 66,65% brondolan, lebih sedikit dari pada alat yang menggunakan dinamo dengan putaran 20 rpm yang mencapai 68,35%, alat yang menggunakan kecepatan 40 rpm menghasilkan tangkapan yang sangat sedikit, yaitu 13,35%. Kapasitas kerja terbaik pada alat pengumpul brondolan tipe dimetri spiral ini adalah pada pengujian kecepatan 20 rpm sebesar 194,27 kg/jam dan kapasitas kerja terendah didapat pada pengujian kecepatan 40 rpm sebesar 55,19 kg/jam, hal ini disebabkan oleh pengaruh hentakan ataupun getaran dari jari-jari dimetri yang menyebabkan brondolan yang sudah tertangkap akan keluar kembali ketanah dari dalam dimetri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI PERFORMANSI GEROBAK SORONG BERMESIN UNTUK PENGANGKUTAN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT (Al-Qudri, 2015)

LITERATURE REVIEW: KARAKTERISASI SIFAT MEKANIK NANOKRISTAL SELULOSA DARI LIMBAH KELAPA SAWIT DAN APLIKASI SEBAGAI FILLER PADA BIONANOKOMPOSIT (Dian Hermayanti, 2020)

DESAIN DAN PENGUJIAN KINERJA ALAT PENCACAH PELEPAH SAWIT TIPE REEL SILINDER (MUHAMMAD RAZI, 2017)

STRATEGI BERTAHAN HIDUP PETANI KELAPA SAWIT RAKYAT DI DESA LUBUK DAMAR ACEH TAMIANG. (Fajrizal, 2014)

ANALISIS PENGUJIAN NILAI KALOR LIMBAH PADAT KELAPA SAWIT PADA PT.SYAUKATH SEJAHTERA UNTUK BAHAN BAKAR BOILER (Muammar Saputra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy