PENGARUH PEMIKIRAN MORAL DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PEMIKIRAN MORAL DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

Akmal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0701103010061

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Akuntansi (S1) / PDDIKTI : 62201

Subject
Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

657.092

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pemikiran Moral dan Locus of Control terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Fakultas Ekonomi Unversitas Syiah Kuala. Dengan menggunakan metode Sensus, terdapat populasi sasaran sebanyak 41 responden mahasiswa Angkatan VII Pendidikan Profesi Akuntansi.
Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, yaitu dengan menggunakan kuesioner yang diberikan langsung kepada mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi. Dari 41 kuesioner yang diberikan, sebanyak 35 kuesioner yang kembali. Analisis regresi linear berganda yang distandarkan digunakan untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemikiran Moral berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Etis mahasiswa Pendidikan profesi Akuntansi. Mahasiswa yang mempunyai pemikiran moral yang tinggi cenderung lebih bertindak secara etis dalam menyelesaikan masalah-masalah akuntansi. Demikian pula hasil penelitian untuk pengaruh Locus of Control terhadap Perilaku Etis Mahasiswa. Mahasiswa yang mempunyai locus of control internal cenderung bertindak lebih etis karena mampu untuk berfikir bahwa dia dapat mengendalikan situasi.

Kata Kunci: Pemikiran Moral, Locus of Control, dan Perilaku Etis

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK