//

KUALITAS ITEM SOAL UJIAN SEMESTER MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DI SMA SE-KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MISWA PUTRI RASIDAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: kualitas, item soal, geografi, Taksonomi Bloom Penelitian yang berjudul “Kualitas Item Soal Ujian Semester Mata Pelajaran Geografi Kelas X Berdasarkan Taksonomi Bloom di SMA Se-Kabupaten Aceh Jaya Tahun Pelajaran 2015/2016” ini mengangkat masalah bagaimana kualitas item soal ujian semester mata pelajaran Geografi kelas X berdasarkan Taksonomi Bloom di SMA se-Kabupaten Aceh Jaya tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMA se-Kabupaten Aceh Jaya, digunakan teknik area sampling untuk menetukan sampelnya. Untuk sampel daerah ditetapkan SMA N 1 Teunom, SMA N 1 Calang, SMA N 1 Sampoiniet, dan SMA N 1 Jaya. Untuk Sampel individu, setiap sekolah diwakili oleh 25 lembaran jawaban siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi berupa lembaran soal dan jawaban siswa ujian semester kelas X tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis kualitas item soal ujian semester mata pelajaran Geografi kelas X berdasarkan Taksonomi Bloom di SMA se-Kabupaten Aceh Jaya tahun pelajaran 2015/2016 secara keseluruh tingkat Taksonomi Bloom dari 65 item soal yang ada didominasi tahap C2 sebanyak 33 (50,76%), C1 sebanyak 30 (46,13%), C4 sebanyak 2 (3,075) dan tidak ada satupun item soal pada tingkat C3, C5, dan C6. Secara abilitas, proporsi setiap tingkat Taksonomi Bloom ini tidak sesuai dengan ketentuan. Soal mudah (C1 dan C2) sebanyak 33 item soal, sedang (C3 dan C4) sebanyak 2 item soal dan sukar (C5 dan C6) tidak ada satupun. Tingkat kesukaran dari 65 item soal yang ada sebanyak 10 item soal baik, 41 item soal sedang, dan 14 item soal sukar, untuk daya pembeda, sebanyak 14 item soal baik, 19 item soal cukup, 27 item soal jelek, dan 5 item soal negatif. Jadi, item soal yang memiliki kualitas yang baik adalah item soal dengan tingkat kesukaran sedang dan daya pembeda baik sekali, baik, dan cukup. Berdasarkan ketentuan tersebut persentase item soal berdasarkan tingkat Taksonomi Bloom yang baik hanya 30 (46,15%) dari 65 item soal. Untuk C1 sebanyak 13 (20%) item, C2 sebanyak 16 (24,61%) item dan C4 sebanyak 1 (1,53%) item. Sebanyak 35 (53,84%) item soal yang perlu direvisi kembali.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI GURU TERHADAP JENIS STIMULUS SOAL DAN TINGKAT TAKSONOMI BLOOM DALAM SOAL UN FISIKA TAHUN 2017/2018 (Ayudianti Putri, 2019)

ANALISIS ITEM TEST MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016-2017 (Rizki Astriadi, 2018)

ANALISIS SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XII DI SMA NEGERI SE - KABUPATEN ACEH TENGAH BERDASARKAN KARAKTERISTIK SOAL HOTS (Rona Aprilia, 2020)

ANALISIS SOAL UJIAN SEMESTER MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SMP FATIH BILLINGUAL SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015-2016 (DITINJAU DARI SEGI TINGKAT KESUKARAN, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR). (Yudia Mutiara, 2016)

ANALISIS TINGKAT KESUKARAN SOAL DAN DAYA PEMBEDA SOAL MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015-2016 (Heppi Yuslita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy