//

HUBUNGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN FASILITAS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG PENYAKIT DALAM RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Yenni Nurlisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Prinsip dasar dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan adalah harus mampu menampilkan dan menyediakan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat menciptakan kepuasan bagi pasien. Kepuasan pasien merupakan evaluasi pasien dimana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya memberikan hasil yang sama dengan harapan. Kepuasan pasien ditentukan oleh pelayanan sumber daya manusia dan ketersediaan fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi hubungan sumber daya manusia dan fasilitas terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang penyakit dalam RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross-sectional. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 49 orang dengan teknik accidental sampling. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan adanya hubungan antara sumber daya manusia dengan tingkat kepuasan pasien (p= 0,002) dan hasil uji Spearman menunjukkan adanya hubungan antara fasilitas dengan tingkat kepuasan pasien (p=0,000). Upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan diperlukan guna memberikan kepuasan yang lebih baik. Kata Kunci : Kepuasan, Sumber Daya Manusia, Fasilitas, Rumah sakit

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Irwansyah, 2021)

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (RSUDZA) BANDA ACEH (Cut Zahara, 2016)

PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018 (CUT FASYA ZALISKA, 2019)

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POLI KLINIK SUB SPESIALIS BEDAH TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Suriani, 2014)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PESERTA ASKES DENGAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN ASURANSI KESEHATAN DI RSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rizka Ramadhayansyah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy