//

INOVASI DESAIN KEMASAN KUE KARAH BENTUK STICK SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN DAYA JUAL DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang MAQFIRATUN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Di Aceh terdapat beberapa jenis makanan dan kue tradisional yang khas. Salah satu kue tradisional tersebut adalah kue karah.Kue karah ini berbentuk garing dan mudah pecah, sementara dalam keadaan yang terbuka akan dengan cepat menyerap uap air di udara. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh desain kemasan kue karah berbentuk kotak terhadap peningkatan daya jualnya.Selama ini produsen kue karah mengalami kendala dalam pengemasan sehingga kuantitas yang dapat diproduksi masih rendah karena dibatasi oleh umur simpan.Maka diperlukan rancangan sebuah kemasan yang dapat menyelesaikan kendala yang dihadapi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan September - November 2014 dilakukan di pasar kue tradisional Lampisang Aceh Besar, pada kemasan juga sudah terdapat informasi seperti “ alamat penjualan, komposisi dan halal”. Bahan yangdigunakan dalam penelitian ini adalah karton duplek 400 g dengan ketebalan 0,2 cm dan plastik politielen dengan ketebalan0,1 cm. Prosedur penelitian yang dilakukan ada beberapa tahap yaitu, desain kemasan, pembuatan kemasan, pengemasan, penjualan kue karah dan kuesioner terhadap panelis pembeli dan panelis pengamat.Penelitian ini juga dilakukan dengan menganalisis beberapa persepsi panelis terhadap warna kemasan, bentuk kemasan, ukuran kemasan, keseluruhan kemasan, praktis kemasan dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukan bahwakemasan kotak kue karah yang didesain berbentuk kotak persegi dengan ukuran panjang 8 cm, lebar 6,5 cm dan tinggi 10 cm, memiliki pegangan kecil dengan warna dominan kuning keemasan. Adapun Persepsi panelis mengenai warna kemasan 98% panelis menyatakan suka.Bentuk pada kemasan sebanyak 87% panelis menyatakan sudah menarik.Sedangkan 85% panelis menyatakan bagus untuk ukuran kemasan kue karah.Secara keseluruhan kemasan 98% panelis menyatakan bagus.Dari keseluruhan panelis 60 orang yang terdiri dari 30 orang pembeli dan 30 orang pengamat, 93% menyatakan bahwa kemasan kue karah ini praktis saat dibawa.Keputusan pembelian pada faktor kualitas dan harga sebanyak 60%, dari data tersebut dapat dikatakan bahwa responden memiliki faktor keputusan pembelian suatu produk yang paling diminati adalah pada faktor harga dan kualitas. Uji penjualan harga kue karah kemasan kotak menunjukkan bahwa kue karah dengan kemasan kotak diterima di pasaran yaitu Rp.10.000,- dengan laba bersih yang diperoleh Rp.2.390,-. Pemasaran kue karah dengan kemasan yang didesain memiliki nilai jual lebih di kalangan konsumen tertentu seperti turis, kalangan ekonomi atas kemasan ini sudah diminati.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KANDUNGAN PROTEIN DAN DAYA TERIMA KONSUMEN PADA PRODUK IKAN KEUMAMAH YANG DI JUAL DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Anisa Warisman, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN STRATEGI JOYFUL LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTSN MEURAXA BANDA ACEH (NURUL FAJRI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI MINYAK BUMI PADA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sri Ninta Br Sinulingga, 2014)

PEMANFAATAN DAGING IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) DALAM PEMBUATAN STICK (Sarah Maidinar, 2020)

FORMULASI SEDIAAN PERFUME STICKDARI MINYAK ATSIRI BUNGA JEUMPA (MAGNOLIA CHAMPACA(L) BAILL EX. PIERRE) (EDRINA ELFIA ROSA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy