//

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA SEMESTER 1 PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YENNY ABSAH HASIBUAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kecemasan merupakan perasaan yang tidak menyenangkan yang disertai dengan respon-respon psikofisiologis. Gangguan kecemasan pada usia remaja, khususnya remaja akhir memiliki prevalensi yang cukup tinggi. Dukungan sosial merupakan faktor yang dapat memberikan dampak yang menguntungkan dalam upaya menjaga kesehatan mental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan tingkat kecemasan. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 68 orang yang terdiri dari 34 orang dengan dukungan sosial kurang dan 34 orang dengan dukungan sosial cukup. Hasil penelitian ini didapatkan 29 orang tidak cemas, 16 orang cemas ringan, 13 orang cemas sedang dan 10 orang cemas berat. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji chi-square. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan tingkat kecemasan yaitu dengan nilai p 0,02 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA SEMESTER 1 PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (yenny absah hasibuan, 2014)

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MISKAH CHAIRANI, 2017)

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA KEDOKTERAN SEMESTER AKHIR DENGAN DOKTER MUDA FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH BANDA ACEH (Fahmi Abdul Azis, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN SEBELUM MENGHADAPI UJIAN OSCE SEMESTER PERTAMA DENGAN NILAI YANG DICAPAI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2012 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Nasrul Nashar, 2016)

HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUATERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS SYIAH KUALA. (AMELIA FITRI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy