//

RASIO NEUTROFIL TERHADAP LIMFOSIT SEBAGAI PREDIKTOR AMPUTASI PADA PASIEN KAKI DIABETIK YANG TERINFEKSI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dr. Syamsul Bahri - Personal Name
SubjectDIABETES - MEDICINE
NEUTROPHILS-HUMAN IMMUNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Pendidikan Dokter Spesialis-I (PPDS I) Ilmu Penyakit Dalam
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Abstrak RASIO NEUTROFIL TERHADAP LIMFOSIT SEBAGAI PREDIKTOR AMPUTASI PADA PASIEN KAKI DIABETIK YANG TERINFEKSI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH Latar Belakang Salah satu komplikasi jangka panjang diabetes melitus adalah ulkus kaki diabetik sebagai penyebab terjadinya amputasi. Rasio neutrofil terhadap limfosit dapat digunakan sebagai prediktor amputasi pada kaki diabetik yang terinfeksi. Pemeriksaan ini murah dan mudah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah menilai hubungan rasio neutrofil terhadap limfosit sebagai prediktor amputasi kaki diabetik yang terinfeksi pada penderita DM tipe 2. Metode Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan pendekatan kohort prospektif, jumlah sampel sebanyak 47 orang yang dipilih dari Februari sampai Oktober 2015. Sampel diperoleh dari Poliklinik Endokrin Metabolik Diabetes, Instalasi Gawat Darurat dan rawat inap di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Lama pengamatan 3 bulan. Hasil Pada penelitian ini amputasi terjadi pada 15 pasien dengan cut off point 7,38. Terdapat 22 orang dengan nilai rasio neutrofil terhadap limfosit tinggi dan 25 orang dengan nilai yang rendah. Dari 15 pasien yang amputasi, 14 (93,3%) memiliki rasio neutrofil terhadap limfosit tinggi, sedangkan 1 pasien (6,7%) memiliki nilai rasio neutrofil limfosit yang rendah. Sedangkan dari 32 pasien tidak mengalami amputasi, 8 orang (25%) memiliki rasio neutrofil terhadap limfosit yang tinggi dan 24 orang (75%) memiliki nilai rasio neutrofil terhadap limfosit rendah. Rasio neutrofil terhadap limfosit memiliki nilai sensitifitas 93,33% dan nilai spesifitas 75,00%, nilai positif predictive value 63,64% dan nilai negatif predictive value adalah 96,00%. Kesimpulan Terdapat kemaknaan secara statistik rasio neutrofil terhadap limfosit terhadap kejadian amputasi pada kaki diabetes (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAKI DIABETIK TERINFEKSI SECARA KLINIS PASKA TERAPI (Yudhistira Lianputra, 2021)

HUBUNGAN ANTARA RASIO NEUTROFIL LIMFOSIT DENGAN TIPE LESI PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MUHAMMAD REINALDY, 2019)

PERSEPSI PASIEN DM TIPE II TENTANG SENAM KAKI DAN PERAWATAN KAKI UNTUK MENCEGAH ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2013 (Murisa Ayu Saputri Is, 2013)

PERSEPSI PASIEN DM TIPE II TENTANG SENAM KAKI DAN PERAWATAN KAKI UNTUK MENCEGAH ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2013 (Murisa Ayu Saputri Is, S.Kep, 2015)

HUBUNGAN NILAI NEUTROFIL LIMFOSIT RASIO, LIMFOSIT MONOSIT RASIO DAN PLATELET LIMFOSIT RASIO PADA PASIEN KANKER PAYUDARA PRA DAN PASCA KEMOTERAPI UNTUK MENILAI RESPON TERAPI DAN PROGNOSIS (dr. Muhammadji Ramazoni, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy