//

UPAYA GURU DALAM MEMBERIKAN TINDAKAN TERHADAP PENGETAHUAN PRASYARAT SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmi Maulina Jamil - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Pengetahuan prasyarat, sistem persamaan linear dua variabel, tindakan guru Pengetahuan prasyarat adalah salah satu pengetahuan yang harus dikuasai siswa sebelum melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Materi SPLDV adalah salah satu materi yang memerlukan pemahaman prasyarat yang bagus. Berdasarkan observasi awal wawancara dengan guru matematika yang peneliti lakukan di SMAN 6 Banda Aceh, masih ada siswa yang belum memahami pengetahuan prasyarat dengan baik dan mengakibatkan siswa tidak dapat menyelesaiakan soal pada materi SPLDV dan belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja tindakan guru terhadap pengetahuan prasyarat siswa di kelas X SMAN 6 Banda Aceh pada materi SPLDV. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini menghasilkan data deskriptif yang digunakan untuk melihat kemampuan siswa terhadap pengetahuan prasyarat. Penelitian deskriptif digunakan dalam pembahasan untuk mendeskripsikan pemahaman pengetahuan prasyarat siswa dalam penelitian berupa gambaran data dan fenomena yang dialami subjek penelitian. Data yang diperoleh dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan wawancara terhadap guru mata pelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X IA-2 SMAN 6 Banda Aceh yang berjumlah 29 siswa. Objeknya adalah upaya guru dalam memberikan tindakan terhadap pengetahuan prasyarat siswa pada materi SPLDV. Dari hasil analisis tes, observasi dan wawancara diperoleh bahwa hanya 3 orang siswa (10,34%) yang sangat menguasai pengetahuan prasyarat dan 9 orang siswa (31,03%) yang menguasai pengetahuan prasyarat, selebihnya siswa kurang dan tidak menguasai pengetahuan prasyarat. Tindakan yang dilakukan guru adalah menjelaskan kembali tentang pengetahuan prasyarat dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian soal dengan cermat dan mudah dimengerti oleh siswa. Guru juga memberikan pretest untuk melihat pemahaman pengetahuan prasyarat siswa, dan melakukan remedial ketika hasil yang diharapkan tidak tercapai secara maksimal, agar kedepannya siswa lebih memahami tentang pengetahuan prasyarat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (USTI NESFIA, 2016)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OTENTIKRNDALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABELRNKELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Marchilla Ramadhana Murni, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE SNH DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH TAHUN 201/2018 (Sri Rahayu, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Anasir Lia Istiadona, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy