//

HUBUNGAN ANTARA MASA MENETAP DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL BUDAYA MAHASISWA ASING PERGURUAN TINGGI NEGERI BANDA ACEH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rina Marlina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kemampuan melakukan penyesuaian sosial budaya dibutuhkan oleh individu yang tinggal diluar negara asalnya, termasuk mahasiswa asing yang melanjutkan pendidikan di Banda Aceh. Penyesuaian sosial budaya adalah kemampuan individu untuk menyesuaikan diri atau kemampuan untuk mengatur kehidupan sehari-harinya agar sesuai dengan konteks budaya yang berbeda di negara baru. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi penyesuaian sosial budaya salah satunya adalah lamanya masa menetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara masa menetap dengan penyesuaian sosial budaya mahasiswa asing perguruan tinggi negeri di Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah 85 orang mahasiswa asing yang berkuliah di Universitas Syiah Kuala dan Universitas Islam Negeri Ar Ranniry yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Socio Cultural Adaptation Scale (SCAS) dikembangkan oleh Ward dan Kennedy yang berisi sebanyak 29 pernyataan. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan (r=0,549, p=0,000) antara masa menetap dengan penyesuaian sosial budaya. Hal ini menggambarkan bahwa semakin lama masa menetap maka akan semakin tinggi pula penyesuaian sosial budayanya. Kata kunci: Penyesuaian sosial budaya, masa menetap, mahasiswa asing, Banda Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ATTACHMENT STYLE DENGAN PENYESUAIAN PERGURUAN TINGGI MAHASISWA PERANTAU PENDIDIKAN DOKTER UNSYIAH (Rini Liana Dewi, 2016)

PERUBAHAN POLA HIDUP SEHARI-HARI MAHASISWA PERANTAU ASAL ACEH JAYA DI KOTA BANDA ACEH (Lovi Olivia Puspita, 2015)

HUBUNGAN PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN HARGA DIRI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN 2014 (Muhammad Effendy, 2014)

PENGELOLAAN KECEMASAN INDIVIDU DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PADA MAHASISWA PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Dea Melli Ridwan, 2021)

KONTRIBUSI PERILAKU ASERTIF REMAJA TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL (SUATU PENELITIAN DI MAN KOTA BANDA ACEH) (Rini, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy