//

HUBUNGAN KEPATUHAN BEROBAT DENGAN PENYEMBUHAN SINDROM DISPEPSIA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IIP BERLIANANDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sindrom dispepsia merupakan keluhan gastrointestinal yang sangat umum di semua kalangan masyarakat. Sindrom dispepsia menunjukkan adanya kelainan dalam proses cerna, baik organik maupun fungsional, mulai dari tingkat yang ringan sampai berbahaya. Namun pada kenyataannya, sindrom dispepsia ini sering diabaikan dan dianggap sebagai keluhan biasa oleh masyarakat. Bahkan dianggap sebagai penyakit yang tidak perlu berobat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan pasien dalam menjalani pengobatan dengan proses penyembuhan . Desain penelitian ini adalah analitik cross-sectional. Responden penelitian adalah 55 orang. Responden diambil dengan metode Non- probability sampling, yaitu secara Purposive sampling, yang telah memenuhi syarat kriteria inklusi dan eksklusi. Selanjutnya data dianalisa dengan menggunakan uji Chi-Square. Peneliti memperoleh data jumlah responden yang patuh yaitu 44 orang (80%) dan data jumlah responden yang tidak sembuh yaitu 28 orang (50,90%). Hasil analisa data menunjukkan nilai p value sebesar 0,281 dengan interpretasi lebih kecil dari nilai α (0,05). Artinya, tidak terdapat hubungankepatuhan berobat dengan penyembuhan sindrom dispepsia di RSUDZA Banda Aceh. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepatuhan berobat responden tidak berhubungan dengan penyembuhan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN JENIS SINDROM DISPEPSIA DENGAN STATUS GIZI PASIEN DI BAGIAN ILMU PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muhammad Haekal, 2016)

HUBUNGAN KEPATUHAN BEROBAT DENGAN PENYEMBUHAN SINDROM DISPEPSIA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IIP BERLIANANDA, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN KAPASITOR BANK TERHADAP FAKTOR DAYA PADA SISTEM KELISTRIKAN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN THE EFFECT OF USE CAPASITOR BANK TO THE POWER FACTOR IN THE ELECTRICAL SYSTEM AT RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Surya Rahmad, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA, SIKAP PETUGAS MEDIS, DAN PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PASIEN EPILEPSI (Maksalmena, 2015)

HUBUNGAN DERAJAT KONSUMSI KOPI DENGAN SINDROM DISPEPSIA DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IKA PURNAMA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy