//

UJI EMISI KENDARAAN RODA EMPAT DAN PEMANTAUAN KUALITAS UDARA DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HAJRAH GAYPA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian uji emisi kendaraan roda empat dan pemantauan kualitas udara di Kota Banda Aceh, telah dilakukan dengan mengukur emisi gas buang kendaraan roda empat dan kadar SO2, NO2, CO serta HC di udara. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama, adalah mengukur emisi kendaraan roda empat menggunakan alat Automotif Analizer sukyong SY GA-401. Tahap kedua adalah mengukur kualitas udara yaitu uji kadar sulfur (SO2), uji kadar nitrogen (NO2), uji kadar hidrokarbon (HC) dan uji kadar karbon monoksida. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jumlah kendaraan yang tidak lulus uji emisi pada tahun 2015 sebanyak 4,32% unit dari total kendaraan 12,98% unit. Perbandingan hasil uji emisi tahun 2015 dan data tiga tahun sebelumnya menunjukkan bahwa emisi dara tahun 2012-2015 mengalami penurunan. Pengukuran kualitas udara menunjukkan: kadar gas SO2 sebesar 245 µg/Nm3, kadar gas NO2 132µg/Nm3, kadar gas CO 4866,66 µg/Nm3, dan kadar gas HC 39,66 µg/Nm3. Berdasarkan perbandingan hasil analisis kualitas udara 2015 dan data analisis kualitas udara tiga tahun sebelumnya, disimpulkan bahwa kadar SO2 dan NO2 mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kadar CO dan HC mengalami penurunan setiap tahunnya. Kualitas udara di Kota Banda Aceh masih berada dibawah baku mutu menurut pp No.41 tahun 1999. Kata kunci: emisi, polutan SO2, NO2, CO, HC, kualitas udara

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EXPECTED DEMAND KENDARAAN ELEKTRIK DI KOTA BANDA ACEH STUDI KASUS KOTA BANDA ACEH, INDONESIA (Rizki Gusnandar, 2018)

KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGURANGAN GAS EMISI CO2 DENGAN TEKNOLOGI BIOSPHERE (Dedy Arithama, 2015)

EVALUASI KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI TERMINAL BATOH KOTA BANDA ACEH (Lukman, 2014)

TINJAUAN KAPASITAS PARKIR TERHADAP VOLUME PARKIR PADA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH. (MACKSALMINA, 2021)

KAJIAN DAYA SERAP VEGETASI TERHADAP CO2 YANG DIHASILKAN KENDARAAN BERMOTOR DALAM MITIGASI BENCANA EKOLOGI DI KOTA BANDA ACEH (Abdullah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy