FUZZY TIME SERIES MARKOV CHAIN UNTUK PERAMALAN NILAI TUKAR MATA UANG RUPIAH TERHADAP DOLAR AMERIKA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

FUZZY TIME SERIES MARKOV CHAIN UNTUK PERAMALAN NILAI TUKAR MATA UANG RUPIAH TERHADAP DOLAR AMERIKA


Pengarang

Rafidhah hanum - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1108101010004

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Fuzzy Time Series Markov Chain merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis suatu set data time series yang merupakan penggabungan dari model Fuzzy Time Series konvensional dengan Rantai Markov. Ada 3 tahapan utama yaitu penentuan interval, fuzifikasi dan defuzifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Fuzzy Time Series Markov Chain pada nilai tukar mata uang Rupiah terhadap USD serta untuk mengetahui tingkat akurasi metode Fuzzy Time Series Markov Chain. Metode Fuzzy Time Series Markov Chain dibandingkan dengan metode Time Series ARIMA dengan kriteria perhitungan tingkat kesalahan menggunakan MAPE dan MSE. Hasil dari penelitian ini berupa prediksi nilai tukar mata uang Rupiah terhadap USD selama 5 hari ke depan. Tingkat akurasi metode Fuzzy Time Series Markov Chain lebih akurat dibandingkan metode Time Series ARIMA. Tingkat akurasi mencapai 99.84% untuk model Fuzzy Time Series Markov Chain dan 99.80% untuk metode ARIMA. Dengan demikian, metode Fuzzy Time Series Markov Chain memiliki akurasi yang lebih baik dibandingkan ARIMA untuk peramalan satu hari berikutnya.

Kata kunci: Fuzzy Time Series Markov Chain, peramalan, nilai tukar

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK