//

FUZZY TIME SERIES MARKOV CHAIN UNTUK PERAMALAN NILAI TUKAR MATA UANG RUPIAH TERHADAP DOLAR AMERIKA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rafidhah hanum - Personal Name

Abstrak/Catatan

Fuzzy Time Series Markov Chain merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis suatu set data time series yang merupakan penggabungan dari model Fuzzy Time Series konvensional dengan Rantai Markov. Ada 3 tahapan utama yaitu penentuan interval, fuzifikasi dan defuzifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Fuzzy Time Series Markov Chain pada nilai tukar mata uang Rupiah terhadap USD serta untuk mengetahui tingkat akurasi metode Fuzzy Time Series Markov Chain. Metode Fuzzy Time Series Markov Chain dibandingkan dengan metode Time Series ARIMA dengan kriteria perhitungan tingkat kesalahan menggunakan MAPE dan MSE. Hasil dari penelitian ini berupa prediksi nilai tukar mata uang Rupiah terhadap USD selama 5 hari ke depan. Tingkat akurasi metode Fuzzy Time Series Markov Chain lebih akurat dibandingkan metode Time Series ARIMA. Tingkat akurasi mencapai 99.84% untuk model Fuzzy Time Series Markov Chain dan 99.80% untuk metode ARIMA. Dengan demikian, metode Fuzzy Time Series Markov Chain memiliki akurasi yang lebih baik dibandingkan ARIMA untuk peramalan satu hari berikutnya. Kata kunci: Fuzzy Time Series Markov Chain, peramalan, nilai tukar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODEL ANALISIS PERUBAHAN NILAI TUKAR MATA UANG INDONESIA TERHADAP MATA UANG AMERIKA SERIKAT, JEPANG, EROPA DAN NEGARA PENDIRI ASEAN (Moh Rizky Rahmanda, 2016)

PENENTUAN NILAI TUKAR MATA UANG ASING DENGAN PENDEKATAN KONSEP PURCHASING POWER PARITY (AINUL BASHIRAH, 2020)

METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING BROWN DAN HOLT DALAM PERAMALAN KURS DAN VALUTA ASING DI INDONESIA (Juni Emilia, 2021)

FAKTOR-FAKTOR PENENTU NILAI TUKAR (t yoan jumadi, 2013)

PENGARUH VARIABEL MONETER DALAM NEGERI DAN LUAR NEGERI TERHADAP NILAI TUKAR RUPIAH (M FADJRI YANSYAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy