//

HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI PROTEIN HEWANI DENGAN STATUS GIZI ANAK 1-5 TAHUN DI KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AZRINA ARIF HARAHAP - Personal Name

Abstrak/Catatan

Usia balita 1-5 tahun merupakan kelompok rawan gizi yang rentan terkena malnutrisi. Konsumsi makanan terutama energi dan protein sangat berpengaruh terhadap status gizi. Protein hewani merupakan sumber protein yang sangat baik karena mengandung asam amino essensial yang lengkap sehingga sangat membantu untuk mencapai status gizi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan konsumsi protein hewani dengan status gizi anak usia 1-5 tahun di kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan cross-sectional. Sampel berjumlah 102 anak usia 1-5 tahun dengan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Data asupan zat gizi diperoleh dengan wawancara menggunakan metode Dietary History. Data mengenai frekuensi konsumsi protein hewani diperoleh dengan wawancara menggunakan Food Frequency Questionnaire (FFQ). Analisis data menggunakan uji Fisher Exact. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara konsumsi protein hewani dengan status gizi anak usia 1-5 tahun dengan nilai p=0.116. Kesimpulan: tidak terdapat hubungan yang bermakna antara konsumsi protein hewani dengan status gizi anak 1-5 tahun. Kata kunci: balita, konsumsi protein hewani, status gizi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI PROTEIN HEWANI DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK BALITA DI GAMPONG LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RIZKI AKMALIDA, 2015)

HUBUNGAN DEMOGRAFI IBU DAN KONSUMSI PROTEIN HEWANI SEBAGAI MP-ASI TERHADAP STATUS GIZI BAYI PADA USIA 6-24 BULAN DI KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA (DINI ANGGRAINI, 2016)

HUBUNGAN KEGIATAN INTERVENSI GIZI SPESIFIK DALAM PROGRAM 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN DENGAN STATUS GIZI BALITA DI PUSKESMAS BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (Nur Ramadhan, 2018)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU DAN PENDAPATAN ORANG TUA DENGAN STATUS GIZI ANAK SDN 02 LABUHAN HAJI (Zaida Rahmia Ulpa, 2017)

HUBUNGAN KEBIASAAN KONSUMSI MAKANAN DENGAN STATUS GIZI PEGAWAI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN ACEH BARAT (SITI RAHMAWATI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy